PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE KANCING GEMERINCING DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V DI SDN 22 TALANG KELAPA BANYUASIN

HERTINA, ETY (2013) PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE KANCING GEMERINCING DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V DI SDN 22 TALANG KELAPA BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETY.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Secara spesifik penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Model Pembelajaran Cooperative Learnig tipe Kancing Gemerincing dalam Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V. A yang menerapkan model pembelajaran dan V.C yang tidak menerapkan model pembelajaran di SDN 22 Talang Kelapa Banyuasin” studi analisis penelitian, penulis melakukan penelitian ini disebabkan karena keingin tahuan penulis bagaimana cara guru dalam menigkatkan aktivitas belajar seperi memusatkan perhatian selama proses pembelajaran serta hasil belajar PAI melalui penerapan dan pemanfaatan pemanfaatan model pembelajaran cooperative learnig tipe kancing gemerincing dalam peningkatan aktivitas Belajar dan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas V. A yang menerapkan model pembelajaran dan V.C yang tidak menerapkan model pembelajaran di SDN 22 Talang Kelapa Banyuasin. Penulis mencoba mendeskripsikan permasalahan tersebut sebagai berikut: bagaimana hasil belajar PAI yang tidak menerapkan model pembelajaran dan yang menerapkan model pembelajaran cooperative learnig tipe kancing gemerincing, dan bagaimana penerapan model pembelajaran cooperative learnig tipe kancing gemerincing. Eksistensi pembahasan ini adalah hasil dari penelitian di Kelas V.A dan V.C di SDN 22 Talang Kelapa Banyuasin, penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Data penulis peroleh dari berbagai penelitian yang berkaitan dengan pembahasan yang dibagi menjadi dua macam, yaitu: data primer adalah data yang diperoleh dari siswa kelas V. A dan V.C di SDN 22 Talang Kelapa Banyuasin, dan data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi, serta literaturliteratur yang berkaitan dengan penelitian. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: Pertama aktivitas belajar siswa kelas V.A pada mata pelajaran PAI melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing mengalami peningkatan baik secara individual maupun kelompok. Sedangkan kelas V.C yang tidak diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing masih banyak siswa yang tidak aktif dalam proses pembelajaran. Kedua hasil belajar PAI tidak diterapkan model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing tergolong sedang dengan nilai rata-rata 53, 95 dan 55,9 dan rincian frekuensi hasil belajar siswa keseluruhan sebagai berikut: 4 orang siswa atau 13% tergolong tinggi (baik), 21 orang siswa atau 70% dan 18 orang siswa 27% tergolong sedang yang tergolong randah sebanyak 5 orang siswa atau 17% dan 8 orang siswa 27%. Kedua hasil belajar PAI setelah diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing siswa tergolong sedang 74,72 dan 72, 39 dan rincian frekuensi hasil belajar siswa sebagai berikut: 9 orang siswa 12 30% dan 6 orang siswa 20%, sedang sebanyak 15 orang siswa 50% dan 18 orang siswa 60% dan yang tergolong rendah sebanyak 6 orang siswa 20%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:12
Last Modified: 28 Sep 2021 01:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13140

Actions (login required)

View Item View Item