PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAHHIJRIYAH II PALEMBANG

AULA, MINATUL (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAHHIJRIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
MINATUL AULA (13270065).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI merupakan pembelajaran yang paling utama, terutama dikelas rendah (1dan11). Dikatakan demikian, dengan bahasa lain siswa dapat menimba ilmu pengetahuan, teknologi, seni, serta imformasi yang ditularkan dari pendidikan. Proses tersebut terjadi sejak awal belajar disekolah. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa maka perlu diadakanya pelatihan yang mendasar, diantaranya mengenalkan kosakata dan membuat kalimat sederhana, melalui berbagai macam Metode Pembelajaran yang dapat memotivasi serta member kesempatan yang luas kepada siswa untuk berbicara didalam kelas tanpa merasa takut salah pengucapan Ialah Metode Pembelajaran Cooperative Script, sehingga siswa dapat mengungkapkan pkirannya melalui berbicara bahasa indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana keterampilan berbicara siswa mata pelajaran bahasa indonesia sebelum menerapkan Metode Pembelajaran Cooperative Scriptdi Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang?, (2)Bagaimana keterampilan berbicara siswa mata pelajaran bahasa indonesia sesudah menerapkan Metode Pembelajaran Cooperative Script di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang?, (3) Adakah pengaruh penerapan mata pelajaran bahasa indonesia sebelum menerapkan Metode Pembelajaran Cooperative Script di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang? Jenis penelitian yang digunakan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain one group pretest-posteest. Adapun populasi dan sampelnya adalah siswa kelas V berjumlah 155 siswa, dengan sampel 40 siswa kelas Vb. Alat pengumpulan data berupa observasi, tes praktik, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus stastistik TSR dan Product Moment. Keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum diterapkannya Metode Pembelajaran Cooperative Script yang tergolong tinggi sebanyak 5 orang siswa (12,5%), tergolong sedang sebanyak 22 orang siswa (55%), dan tergolong rendah 13 orang siswa (32,5%).Sedangkan hasil keterampilan berbicara yang sesudah diterapkan Metode Pembelajaran Cooperative Script yang tergolong tinggi sebanyak 9 orang siswa (22,5%) tergolong sedang sebanyak 26 orang siswa (65%) dan tergolong rendah sebanyak 5 orang siswa (12,5%). Dengan demikian, keterampilan berbicara siswa yang menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative Script tergolong baik. Berdasarkan analisis data dengan rumus product moment adalah nilai perhitungan rxy lebih besar dari padartabel, baik pada taraf signifikan 5% mau pun pada taraf 1% dengan rincian0,304< 0,506 >0,393. Ha diterima dan Ho ditolak .ini menunjjukan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script itu telah berhasill meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas Vb pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:13
Last Modified: 28 Sep 2021 01:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13150

Actions (login required)

View Item View Item