PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 CENGAL OKI

SEPTIANI, SEPTIANI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 CENGAL OKI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FIX SKRISPI SEPTIANI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikelas VIII SMP Negeri 1 Cengal OKI. Jenis penelitian yang digunakan adalah true exprimental design dengan desain posttest only control group design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 1 Cengal OKI tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 62 siswa. Penelitian ini mengambil semua kelas VIII sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh yaitu kelas VIII.1 dengan jumlah 31 siswa sebagai eksperimen dan kelas VIII.2 berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian itu dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama dan pertemuan kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksprimen dengan model pembelajaran generatif dan kelas kontrol dengan metode konvensional pada materi bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas). Pada pertemuan ketiga kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diberi perlakuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika kepada siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t’. Dari hasil analisis diperoleh , = 2,126 dan dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,6706 yang berarti > ttabel yaitu 2,126 > 1,6706. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima artinya terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata–kata kunci: Model pembelajaran generatif, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
?? LB1603 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:13
Last Modified: 28 Sep 2021 01:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13156

Actions (login required)

View Item View Item