UPAYA GURU MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERWUDHU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART DI KELAS II SD NEGERI 01 SUKADARMA KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

IRMALATI, IRMALATI (2014) UPAYA GURU MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERWUDHU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART DI KELAS II SD NEGERI 01 SUKADARMA KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I IRMALATI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II IRMA.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III IRMA.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV IRMALATI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V IRMALAIT.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam berwudhu, hal ini disebabkan oleh guru yang kurang variatif dalam memilih metode atau media. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes prasiklus yang menempatkan 3 anak belum tuntas dalam belajar. Olehkarena itu berdasarkan permasalahan maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah dengan menerapkan media pembelajaran flipchart dapat meningkatkan keterampilan berwudhu pada siswa kelas II SD Negeri 1 Sukadarma Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir. Sementara tujuanya adalah untuk mengetahui dampak penerapan media pembelajaran flipchart terhadap peningkatan keterampilan berwudhu pada siswa kelas II SD Negeri 1 Sukadarma Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Yang di lakukan selama 2 bulan. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan metode demonstrasi, observasi aktivitas siswa dan guru serta tes formatif dan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu analisis yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar yang di capai siswa. Sebagai akibat menggunakan media Flipchart diperoleh hasil peningkatan nilai berdasarkan KKM. peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar hal ini terlihat dari mulai pra siklus yang hanya 3 atau 13% orang kemudian pada siklus naik menjadi 12 anak atau 52.1% dan pada siklus 2 naik signifikan menjadi 23 anak atau suda 100%. Peningkatan Nilai Rata-Rata. Peningkatan nilai rata-rata, dimana pada pratindakan nilai tes rata-rata siswa hanya mencapai 56.5. Dari 56.5 di pratindakan kemudian naik menjadi 66.7 di siklus 1, naik lagi menjadi 76.9 di siklus 2. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran flipchart dapat meningkatkan keterampilan berwudhu pada siswa kelas II SD Negeri 1 Sukadarma Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir. Oleh karena itu kami menyarankan agar pembelajaran lain yang menggunakan aspek keterampilan dapat mencoba media Flipchart ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:14
Last Modified: 28 Sep 2021 01:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13167

Actions (login required)

View Item View Item