PENERAPAN MODELTHE GREAT WIND BLOWS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MASDARUL ULUM PEMULUTAN

KHOIRUNNISA, KHOIRUNNISA (2014) PENERAPAN MODELTHE GREAT WIND BLOWS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MASDARUL ULUM PEMULUTAN. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
10. BAB 1.docx

Download (79kB)
[img] Text
12. BAB II.docx

Download (52kB)
[img] Text
15. BAB 3.docx

Download (63kB)
[img] Text
17. BAB IV.docx

Download (66kB)
[img] Text
19. BAB V.docx

Download (25kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ”Penerapan ModelThe Great Wind Blows pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Memperbaiki Suasana Pembelajaran yang Menyenangkan diMadrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan”. ModelThe Great Wind Blows merupakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan suatu proses pembelajaran agar terbawa ke suasana yang menyenangkan agar pembelajaran menjadi menarik dan tidak terlalu monoton.Strategi pembelajaran ini merupakan sebuah pemecah kebekuan yang dibuat cepat yang membuat siswa bergerak dan tertawa. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah penerapan model The Great Wind Blows pada pembelajaran PAI diMadrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan, Bagaimanakah suasana pembelajaran yang menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Apakah ada pengaruh penerapan model The Great Wind Blows terhadap suasana pembelajaran yang menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model The Great Wind Blows pada pembelajaran PAI diMadrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan,dan untuk mengetahui suasana pembelajaran yang menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta mengetahui adanya pengaruh penerapan model The Great Wind Blows terhadap suasana pembelajaran yang menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan. Pengumpulan data yang dilakukan melalui metode eksperimen dimana data yang dikumpulkan berkaitan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbentuk skor/nilai kemampuan siswa yang dilihat dari hasil angket pre-test dan post-test, metode observasi, metode dokumentasi,metode angket dan metode wawancara. Selanjutnya analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik tes ”t”. Populasi penelitian ini diambil penulis adalah siswa kelas III diMadrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan. Dan sampel yang diambil adalah siswa kelas IIIc diMadrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan. Setelah dilakukan analisa data, maka diperoleh perincian pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,03 sedangkan pada taraf signifikansi 1% sebesar 2,72. Ternyata hasil lebih besar dari pada yaitu : 2,03 < 9,11 > 2,72. Karena itu hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak sehingga ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model The Great Wind Blows terhadap suasana pembelajaran yang menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:15
Last Modified: 28 Sep 2021 01:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13193

Actions (login required)

View Item View Item