UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI MATERI ISRA’ MIKRAJ NABI MUHAMMAD SAW MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS IV.B MIN 2 MODEL PALEMBANG

MAISAROH, MAISAROH (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI MATERI ISRA’ MIKRAJ NABI MUHAMMAD SAW MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS IV.B MIN 2 MODEL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I-III.docx

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV-V.docx

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Melalui Metode Role Playing Siswa Kelas IV.B MIN 2 Model Palembang”.Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 2 Model Palembang sebagai respons semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran masih rendahnya kemampuan siswa, baik proses maupun produknya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional sehingga memerlukan upaya untuk memenuhi tuntutan kurikulum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk mendapatkan data dan anlisisnya, melalui penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi Peristiwa Isra’ Mikraj dilakukan PTK dengan menggunakan metode role playing. Penelitian ini dilakukan di MIN 2 Model Palembang dengan Prasiklus, Siklus 1, Siklus 2, dan Siklus 3. Kurangnya nilai rata-rata hasil belajar pada prasiklus inilah peneliti merasa perlu mengadakan penelitian, karena pada prasiklus pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, belum ada kolaborasi antara guru dan siswa, pembelajaran masih berpusat pada guru, oleh karena itu perlu melakukan melakukan tindakan, siklus pertama sebagian siswa masih belum terbiasa dengan kondisi belajar role playing (sosio drama) sebagian kelompok belum memahami langkah-langkah pembelajaran role playing secara utuh dan menyeluruh. Untuk mengatasi masalah di atas dilakukan upaya diantaranya, guru dengan intensif memberi pengertian kepada siswa bagaimana berinteraksi, komunikasi, keikutsertaan siswa dalam kelompok dan memerankan sosio drama. Guru membantu kelompok yang belum memahami langkah-langkah metode role playing. Di sisi lain guru sebagai peneliti dalam PTK siklus 1 ini masih kurang, hal ini terjadi di karenakan guru lebih banyak berdiri di depan kelas dan kurang memberikan pengarahan kepada siswa bagaimana caranya melakukan pembelajaran dengan metode role playing. Dalam siklus 2, siswa dan guru mulai mengalami peningkatan dalam pembelajaran metode role playing. Sedangkan dalam siklus 3 siswa dan guru sudah terbiasa dengan pembelajaran role playing. Dari hasil observasi siswa siklus 1 63,55% menjadi 68,75% siklus 2, dan menjadi 87,63% pada siklus 3. Sedangkan hasil belajar dari 66,66% pada siklus 1, menjadi 69,07% pada siklus 2, dan menjadi 78,51% siklus 3. Demikian juga aktivitas guru 54,54% pada siklus 1, menjadi 68,18% siklus 2, dan menjadi 88,63% siklus 3. Dengan pelaksanaan PTK, siklus 1, siklus 2 dan siklus 3, dapat disimpulkan bahwa metode role playing (sosio drama) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Peristiwa Isra’ Mikraj kelas IV.B MIN 2 Model Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:16
Last Modified: 28 Sep 2021 01:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13202

Actions (login required)

View Item View Item