HASIBUAN, AHMAD SYAIFUL DAHRI (2014) KONSEP PENDIDIKAN TAZKIYYAT AL-NAFS SYEKH AHMAD BIN MUHAMMAD `ATHAILLAH. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SUB BAB.pdf Download (503kB) | Preview |
Abstract
Perbedaan manusia dengan makhluk Allah yang lain adalah terletak pada akhlak yang baik karena memiliki hati yang suci serta akal untuk berfikir. Akhlak menjadi essensi dalam pendidikan Islam karena disandarkan kepada misi utama diutusnya Rasulullah Saw. untuk menyempurnakan akhlak manusia. Usaha pembenahan akhlak ini diwarisi dari generasi ke generasi melaui lisan dan ajaran para ulama dan cendikiawan muslim. Kehadiran para tokoh-tokoh muslim tersebut menjadi warisan Nabi Saw. yang tak akan dapat dinilai dengan apapun untuk menggantikannya dalam meneruskan perjuangan Rasulullah Saw. Ibnu `Athaillah merupakan salah satu dari sekian banyak tokoh muslim yang berkecimpung dalam pembenahan akhlak. Skripsi yang berjudul “Konsep Pendidikan Tazkiyyat al-Nafs Syekh Ahmad bin Muhammad `Athaillah” ini, dilatar belakangi oleh keadaan dunia pendidikan Islam yang kian waktu telah bergeser dari singgasana kejayaannya dalam mengatur dan mengkondisikan pendidikan, sehingga dirasa telah cukup jauh meninggalkan fitrahnya dalam menyempurnakan jiwa manusia. Konsep pendidikan tazkiyyat al-nafs yang diwarisinya dari al-Ghazali dipandang mampu untuk membina, memimpin, serta mengasuh hati, jiwa, ruh dan akal pada manusia hubungannya untuk menjadi manusia paripurna. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini akan mengupas bagaimana konsep Ibnu `Athaillah dalam pendidikan tazkiyyat al-nafs untuk meningkatkan spiritualitas sehingga dapat mewujudkan akhlak mahmudah serta urgensi pendidikan tazkiyyat al-nafs dalam dunia pendidikan Islam yang dapat menciptakan salah satu manhaj/materi dalam tarbiyyah Islamiyah yakni pendidikan spiritual atau yang lebih dikenal dengan istilah tarbiyyah ruhiyyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library field research atau riset kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif analisis. Sedangkan metode pengumpul data adalah dengan mengumpulkan, dan mengkaji karya Ibnu `Athaillah mengenai pendidikan terhadap jiwa yang berjudul Tajul `Arus dan al-Hikam, selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan teknik Deskriptif Analitik sehingga dapat diperoleh informasi mengenai konsep pendidikan tazkiyyat al-nafs. Penelitian dalam skripsi ini menyimpulkan bahwa, konsep Ibnu `Athaillah dalam pendidikan tazkiyyat al-nafs bersandar terhadap ajaran Rasulullah. Semua yang telah dilakukan dan disampaikan Ibnu `Athaillah tidak lepas dari al-Qur`an dan al-Hadits, seperti: berserah diri kepada Allah dengan sepenuhnya dan mencintai-Nya melebihi apapun, meniadakan kuasa makhluk terhadap setiap kemampuan, mengendalikan dan mengenali hawa nafsu untuk kemenangan, dan patuh kepada ajaran Rasulullah Saw.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 01:17 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 01:17 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13213 |
Actions (login required)
View Item |