DARMASARI, DEVI (2013) PENGARUH PENGHASILAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
DEVI DARMASARI NIM. 08 21 031.rtf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul pengaruh penghasilan orangtua terhadap motivasi belajar siswa di MTs Muhammadiyah 2 Palembang, dilakukan dengan alasan karena adanya masalah bahwa terdapat anak yang males belajar tetapi orangtuanya berpenghasilan tinggi akan tetapi banyak juga anak yang orangtuanya mempunyai penghasilan rendah tetapi mereka mempunyai semangat belajar yang tinggi. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana penghasilan orangtua siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Palembang, Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Palembang, Adakah pengaruh penghasilan orangtua terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penghasilan orangtua terhadap motivasi belajar siswa, yang diharapkan dapat berguna untuk memberikan pandangan orangtua yang ingin mendidik anaknya dengan cara mendorong kemauan belajar anak, dan dapat memberikan tambahan referensi bagi peneliti selanjutnya. Penelitian dengan jenis lapangan (field research), subjek dalam penelitian ini adalah orangtua siswa kelas VIII yang berjumlah 29 orang. Untuk memperoleh data dengan tehnik angket ditujukan kepada siswa dan orangtua yang bersangkutan guna mengetahui motivasi belajar siswa dan penghasilan orangtua, dari data tersebut dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus tes”t” dua sampel kecil yang satu sama lain tidak ada hubungan, sedangkan metode wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data mengenai jumlah siswa, jumlah guru, sejarah dan keadaan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penghasilan orangtua tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa, terbukti dengan analisis yang menunjukkan angka 2,00 ≥ 1,834 ≤ 2,65 Harga to lebih kecil dari harga tt baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%. Maka Hipotesis Nihil diterima yang berarti bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penghasilan orangtua terhadap motivasi belajar siswa. Disarankan pada semua siswa untuk mempunyai motivasi yang tinggi dari dalam diri, karena semua kegiatan belajar akan berlangsung dengan baik apabila setiap siswa mempunyai keinginan yang sungguh-sungguh untuk belajar. Peranan orangtua dan guru sangat penting dalam keberhasilan anak didik mereka, sehingga diharapkan dapat memberikan sarana prasarana yang lebih dan fasilitas yang mendukung kegiatan belajar, agar siswa tidak merasa jenuh atau pun bosan dalam kegiatan pembelajaran untuk terciptanya siswa yang berprestasi tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 01:17 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 01:17 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13221 |
Actions (login required)
View Item |