KORELASI PENGGUNAAN METODE MENGAJAR BERVARIASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 4 MUARA DANAU KECAMATAN SEMENDE DARAT LAUT KABUPATEN MUARA ENIM

tusidah, tusidah (2012) KORELASI PENGGUNAAN METODE MENGAJAR BERVARIASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 4 MUARA DANAU KECAMATAN SEMENDE DARAT LAUT KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
skripsi tusidah.doc

Download (632kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dari hasil observasi awal penulis di SMP Negeri 4 Muara Danau Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim, bahwa proses pembelajaran dan hasil belajar siswa masih kurang baik serta tidak menarik hal ini dapat dilihat dari: masih rendahnya perhatian siswa pada pelajaran, siswa masih sibuk dengan aktivitasnya sendiri, siswa mengantuk, metode pembelajaran masih monoton, motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran rendah. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan metode mengajar bervariasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Muara Danau Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim? Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Muara Danau Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim? dan Apakah ada korelasi penerapan metode bervariasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Muara Danau Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim? Metododologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data kuantitatif yaitu menguraikan data-data yang dapat dihitung dengan angka-angka dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode bervariasi di SMP Negeri 4 Muara Danau dikategorikan pada tingkatan ”sedang”. Hal ini dibuktikan dari hasil angket yang disebarkan didapat 50% dari 36 orang siswa menyatakan bahwa penerapan metode bervariasi di SMP Negeri 4 Muara Danau memiliki penerapan/pelaksanaan metode tergolong sedang diperoleh dari data observasi seperti: ketika guru mengajar dan menjelaskan materi pelajaran dengan metode bervariasi, sedangkan siswa duduk, menyimak penjelasan guru serta mencatat apa yang dijelaskan guru didepan kelas. Hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI dikategorikan pada tingkatan ”sedang”. Hal ini dibuktikan dari hasil test ulangan harian, ulangan semester dan nilai raport yang disebarkan didapat 72,22% dari 36 orang siswa di SMP Negeri 4 Muara Danau memiliki prestasi belajar yang sedang. Terdapat ada hubungan yang signifikan antara penerapan metode mengajar bervariasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, baik pada r tabel 5% maupun 1% yaitu 0,517 > 0,003 < 0,273. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan metode bervariasi dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI, sangat kuat hubungannya. Semakin baik penerapan metode bervariasi yang digunakan maka siswa akan semakin berprestasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:17
Last Modified: 28 Sep 2021 01:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13222

Actions (login required)

View Item View Item