PENGUJIAN BEBERAPA JENIS INSEKTISIDA NABATI TERHADAP KUTU BERAS (Sitophylus oryzae L) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA

Wiridianti, Suci (2014) PENGUJIAN BEBERAPA JENIS INSEKTISIDA NABATI TERHADAP KUTU BERAS (Sitophylus oryzae L) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Isi Skripsi BAB 1- BAB V.docx

Download (602kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui mampu atau tidaknya insektisida nabati membunuh kutu beras dan kedua untuk mengetahui jenis insektisida nabati yang efektif untuk membunuh kutu beras. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan data kuantitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis ANOVA yang kemudian dilanjutkan dengan uji BJND. . Berdasarkan perbandingan nilai F hitung yang terdapat pada analisis ANOVA adalah lebih besar dari pada F tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% ( 79.57 > 2.67 / 4.43). dengan demikian dinyatakan bahwa H1 di terima dan H0 di tolak. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, jenis insektisida nabati mampu membunuh kutu beras dan rata-rata mortalitas tertinggi ada pada perlakuan daun serai yaitu sebesar 13.2 dengan total persentase mortalitas 66%, kedua jenis insektisida nabati yang efektif untuk membunuh kutu beras yaitu daun serai (66%) dan daun mengkudu (60%). Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini yaitu pertama, beberapa jenis insektisida nabati mampu membunuh kutu beras, Kedua berdasarkan hasil dari analisis ANOVA semua jenis insektisida nabati efektif untuk membunuh kutu beras, namun jika keefektifan itu dilihat dengan jumlah mortalitas mencapai 50% atau lebih, maka hanya daun serai dan daun mengkudu yang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:17
Last Modified: 28 Sep 2021 01:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13226

Actions (login required)

View Item View Item