Chotimah, Husnul (2012) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGHAFAL BACAAN-BACAAN SHOLAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN (DRILL) DI SDN 144 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
BAB I.doc Download (169kB) |
|
Text
BAB II SKRIP.doc Download (157kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (83kB) |
|
Text
bab skripsi 4.doc Download (110kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (41kB) |
Abstract
Penelitian dengan judul: Upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan siswa menghafal bacaan-bacaan sholat dengan menggunakan metode latihan (drill) di SD Negeri 144 Palembang, dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya guru PAI dalam mengajarkan bacaan-bacaan sholat kepada siswa, dan guru PAI kurang menguasai metode latihan (drill), serta siswa kurang hafal bacaan-bacaan sholat. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya guru PAI meningkatkan kemampuan siswa menghafal bacaan-bacaan shalat, bagaimanakah penerapan metode latihan atau drill dalam pembelajaran PAI mengenai hafalan bacaan-bacaan shalat, faktor apa sajakah yang mempengaruhi siswa dalam menghafal bacaan-bacaan shalat di SD Negeri 144 Palembang. Metode yang dugunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahawa upaya yan dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan siswa menghafal bacaan-bacaan sholat adalah dengan memberikan pembelajaran secara klasikal, kelompok, perorangn, mengkombinasikan panca indera membuat kesan, memainkan emosi, serta melakukan repetisi. Faktor yang mempengaruhi siswa dalam menghafal bacaanbacaan sholat kelas 3 di SD Negeri 144 Palembang adalah pertama : faktor dari dalam diri siswa yaitu perhatian, ingatan, berpikir, bakat, motivasi, selain faktor tersebut yang berasal dari dalam diri siswa faktor yang mempengaruhi siswa dalam menghafal diantaranya kompetensi bahasa, minat, konsentrasi, ketekunan, kesehatan jasmani dan rohani, kemampuan menetralkan titik kelemahan, memiliki latar belakang pengetahuan yang sesuai dan penguasaan kosa kata yang memadai serta kemampuan memahami maksud bacaan secara cepat dan cermat, siswa malas dalam mengulang hafalan, siswa kesulitan dalam membaca Arab, serta sering membantu orang tua. Kedua : faktor dari luar diri siswa yaitu pengamatan, tanggapan, fantasi, selain faktor tersebut yang berasal dari luar diri siswa faktor yang mempengaruhi siswa dalam menghafal diantaranya adalah kesiapan guru dalam pembelajaran, menarik, menimbulkan keasyikan, kondisi, situasi lingkungan yang merangsang kegemaran menghafal, termasuk didalamnya pengadaan tempat belajar, suasana keluarga, sekolah, masyarakat sekitar, teman guru, jelas tempat belajar yang kondusif akan memudahkan siswa dalam menghafal, proses pembelajaran yang tidak kondusif seperti ribut, masih main-main, mengganggu temannya, dan guru yang suka marahmarah. Dari hasil penelitian diharapkan Kepada guru Pendidikan Agama Islam agar terus berusaha dan terus mencari metode-metode baru dan teknik yang menarik, guna meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik. Kepada siswa untuk rajin belajar agar dapat meningkatkan prestasi belajar dan dapat mencapai cita-cita yang diinginkan. Untuk penelitian lebih lanjut diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini untuk mendapatkan temuan yang lebih signifikan, sehingga menjadi kontribusi yang lebih besar dalam dunia pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 01:18 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 01:18 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13238 |
Actions (login required)
View Item |