IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DAN HIDUP HEMAT PARA SANTRI DI PONDOK PESANTREN Al-QUR’AN SIROJUL ULUM DESA PINANG BANJAR SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

MUMAJIJAH, SOFIYATUN (2013) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DAN HIDUP HEMAT PARA SANTRI DI PONDOK PESANTREN Al-QUR’AN SIROJUL ULUM DESA PINANG BANJAR SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab 1 dan Bab 2.docx

Download (87kB)
[img] Text
BAB III revisi......docx

Download (42kB)
[img] Text
prin bab IV n V SOFY..docx

Download (53kB)

Abstract

Implementasi pendidikan kedisiplinan dan hidup hemat merupakan salah satu upaya yang di lakukan dalam melahirkan santri-santri yang berakhlak mulia dalam kehidupan dan dapat menjalani hidup dengan sederhana dengan menghemat, baik itu waktu, tenaga dan keuangan. Yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan pesantren dan para ustadz dan ustadzah dengan diarahkan dan dibimbing setiap harinya. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu bagaimana Implementasi Pendidikan kedisiplinan dan hidup hemat para santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Sirojul Ulum, bagaimana para santri menyikapi Implementasi pendidikan Akhlaqul Karimah di Pondok Pesantren Al-Qur’an Sirojul Ulum, dan Faktor pendukung dalam Implementasi pendidikan Akhlaqul Karimah para santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Sirojul Ulum. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui bagaimana Implementasi pendidikan Akhlaqul Karimah para santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Sirojul Ulum, Untuk mengetahui Bagaimana para santri menyikapi Implementasi pendidikan Akhlaqul Karimah di Pondok Pesantren Al-Qur’an Sirojul Ulum, Untuk mengetahui faktor pendukung dalam Implementasi pendidikan akhlaqul Karimah di pondok pesantren al-Qur’an Sirojul Ulum, dan berguna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi semua masyarakat yang membaca ataupun peneliti sendiri dan dapat menjadi acuan sebagi literatur bagi peneliti selanjutnyadan menjadi rujukan bagi orang tua maupun pendidik dalam upaya pembentukan akhlak khususnya tentang Implementasi kedisiplinan para santri atau anak-anak. Penelitaian ini merupakan penelitian driskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha untuk memecahkan masalah (mendeskriptif) yang menyajikan data, menganalisis dan mengiterprestasikan yang bersifat komperatif dan korelatif. Data primer yaitu data yang di kumpulkan langsung dari responden yaitu Kyai, Ustadz ustadzah, dan para santri di pondok pesatren Al-Qur’an Sirojul Ulum Desa Pinang Banjar Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Sedangkan data sekunder yaitu data penunjang penelitian ini, seperti literatur yang berkaitan dengan penelitian dan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kedisiplinan dan hidup hemat di pondok pesantren ini sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari semua kegiatan yang telah berjalan dengan lancar, meskipun terkadang masih ada santri yang tidak menjalankan kegiatan tersebut. Sikap para santri terhadap penerapan ini dengan adanya kesadaran terhadap peraturan, nasehat-nasehat. Yang menjadi faktor pendukung adalah sang kyai yang merupakan sosok yang sangat disegani, yang memiliki kelebiah yang luar biasa, yang menjadi tauladan bagi mereka, dan pondok yang merupakan tempat tinggal mereka yang satu naungan dengan kyai, yang mempermudah dalam melakukan pembinaan dan pengawasan selama 24 jam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:18
Last Modified: 28 Sep 2021 01:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13242

Actions (login required)

View Item View Item