PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI MTs YPMP PALEMBANG

TRIANI, WILDA (2014) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI MTs YPMP PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WILDA KESELURUHAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian kuantitatif ini dilatarbelakangi oleh asumsi bahwa penggunaan media pembelajaran flash card dinilai menarik bagi siswa serta dapat menciptakan situasi yang menyenangkan bagi siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar. Melalui pembelajaran ini diharapkan agar siswa menjadi termotivasi sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengunaan media pembelajaran flash card terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem gerak manusia di MTs YPMP Palembang. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para guru yang mengajar agar guru dapat menerapkan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar siswa sehingga media pembelajaran yang diterapkan oleh guru ini benar-benar dapat memudahkan belajar sehingga keberhasilan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 06 November sampai 18 November 2013 di MTs YPMP Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, rancangan penelitian adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 orang berdasarkan non random sampling. 45 orang dari kelas eksperimen dan 44 orang dari kelas kontrol. Untuk mendapatkan data, penulis memberikan tes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol serta untuk analisis data yang digunakan adalah rumus uji “t”. Hasil penelitian ini yaitu, Pertama, Proses belajar mengajar dengan menggunakan media pembelajaran flash card mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Biologi pada Materi Sistem Gerak Manusia di MTs YPMP Palembang. Kedua, Hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Biologi pada Materi Sistem Gerak Manusia dengan menggunakan media pembelajaran flash card lebih baik daripada hasil Belajar siswa yang menggunakan Media pembelajaran charta pada mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Gerak Manusia. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis pretest dengan menggunakan rumus uji “t” bahwa thitung < ttabel (0,16 < 1,99), hal ini berarti hipotesis Ha ditolak dan Ho diterima sedangkan dilihat dari hasil analisis posttest thitung > ttabel yaitu (4,11 > 1,99), hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:20
Last Modified: 28 Sep 2021 01:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13261

Actions (login required)

View Item View Item