PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN TINGKAT INTELIGENSI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 SUKANEGERI KEC SEMENDAWAI BARAT KABUPATEN OKUT

maria, ida (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN TINGKAT INTELIGENSI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 SUKANEGERI KEC SEMENDAWAI BARAT KABUPATEN OKUT. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
skripsi 1-5.docx

Download (148kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 2 Sukanegeri Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur. Penelitian yang diberi judul “ Pengaruh Model Pembelajaran Kontruktivisme Terhadap Peningkatan Tingkat Inteligensi siswa kelas V di SD N 2 Sukanegeri Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur, bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kontruktivisme terhadap peningkatan tingkat inteligensi siswa kelas V dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kontruktivisme terhadap peningkatan tingkat inteligensi siswa kelas V di SDN 2 Sukanegeri Kecamatan Semendawai Barat. Pembelajaran konstuktivisme sebelumnya belum berpengaruh terhadap inteligensi siswa, disebabkan guru kurang kreatif dalam menggunakan model pembelajaran kontruktivisme, sehingga siswa malas untuk belajar berfikir mandiri dan siswa kurang menganalisis suatu masalah yang ada didalam soal. Dengan model pembelajaran kontruktivisme diharapkan siswa termotivasi untuk belajar berfikir sendiri dan apabila siswa dihadapkan dengan suatu masalah maka siswa bisa menganalisis permasalahan yang diberikan. Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kontruktivisme pada siswa kelas V peneliti melakukan observasi dengan cara melaksanakan pembelajaran di kelas sehingga diketahui tingkat intelegensi siswa dan pengaruh model pembelajaran konstruktivisme di SDN 2 Sukanegeri. Sedangkan untuk mengetahui tingkat inteligensi siswa kelas V guru memberikan tes tertulis pada akhir kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu permasalahan yang dihadapi peneliti terdiri dari bagaimana penerapan model pembelajaran kontruktivisme, tingkat inteligensi siswa setelah diterapkan pembelajaran konstruktivisme, dan pengaruh model pembelajaran konstruktivisme terhadap tingkat intelegensi siswa kelas V di SDN 2 Sukanegeri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan, dokumentasi. Observasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah mengamati secara langsung kondisi obyek penelitian pada saat proses belajar berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran kontruktivisme dalam proses belajar mengajar, wawancara meliputi data tentang sejarah berdirinya Sekolah Dasar Negeri 2 Sukanegeri, adapun dokumentasi digunakan untuk memperoleh data melalui data-data yang tertulis baik yang berupa buku-buku maupun data tertulis berupa struktur, untuk mengetahui tentang keadaan umum sekolah, sejarah berdirinya Sekolah Dasar Negeri 2 Sukanegeri, sedangkan data tes hasil belajar siswa dianalis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontruktivisme di SDN 2 Sukanegeri dikategorikan cukup. Hal ini terbukti dengan sebanyak 14 siswa responden memperoleh persentase sebesar ( 38,88%), Tingkat inteligensi siswa dari 15 siswa responden diperoleh persentase sebesar (41,67%) dan mendapat skor kategori sedang. Adapun untuk pengaruh model pembelajaran kontruktivisme terhadap intelegensi siswa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kontruktivisme dengan tingkat inteligensi siswa yang diperoleh sebesar (50%) dan dikategorikan sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:20
Last Modified: 28 Sep 2021 01:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13264

Actions (login required)

View Item View Item