STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SD NEGERI PENGATURAN KECAMATAN BATANGHARI LEKO KABUPATEN MUSI BANYUASIN)

NURPALAH, NURPALAH (2012) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SD NEGERI PENGATURAN KECAMATAN BATANGHARI LEKO KABUPATEN MUSI BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I (new).doc

Download (91kB)
[img] Text
BAB II (new1).doc

Download (107kB)
[img] Text
BAB III (new).doc

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV (new).doc

Download (1MB)
[img] Text
BAB V (new).doc

Download (31kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat disiplin belajar siswa di SD Negeri Pengaturan, Strategi apa yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SD Negeri Pengaturan, dan faktor apa saja yang mempengaruhi disiplin belajar siswa di SD Negeri Pengaturan. Dan tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat disiplin belajar siswa, untuk mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan disiplin belajar siswa, dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa di SD Negeri Pengaturan. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah guru pendidikan agama islam di SD Negeri Pengaturan yang berjumlah 1 orang, data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif, yang meliputi tentang tingkat disiplin belajar siswa, strategi guru PAI dalam meningkatkan disiplin belajar siswa, dan faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa di SD Negeri pengaturan. Sumberdata dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data skunder, sumber data primer adalah data pokok yang berasal dari guru PAI SD Negeri Pengaturan. Data sekunder adalah data penunjang yang berasal dari kepalah serkolah, siswa dan dokumentasi. Adapun data yang diperlukan di atas terkait dengan permasalahan dalam penelitian ini dapat di peroleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu menganalisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan veripikasi data/ penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah pertama Tingkat disiplin belajar siswa di SD Negeri Pengaturan sudah cukup tinggi dengan di tandai bahwa siswa telah mematuhi peraturan sekolah, sedangkan predikat SD tersebut telah terakreditasi B. Strategi yang digunakan guru agama dalam meningkatkan disiplin belajar siswa yaitu dengan cara mengadakan kerja sama dengan guru-guru dan orang tua siswa, melakukan pendekatan, memberikan motivasi, menasihati siswa yang melanggar disiplin belajar, dan memberikan hukuman bagi siswa yanng melanggar peraturan sekolah. Faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa yaitu adanya pasilitas sekolah yang mendukung, sarana dan prasarana yang lengkap, serta adanya kerjasama yang baik antara lembaga sekolah dengan lingkungan sekitar. Sedangkan pelangaran yang sering dilakukan siswa adalah siswa sering ribut dan keluar masuk kelas tanpa izin ketika pergantian jam pelajaran, namun ini tidaklah dianggap pelanggaran yang berarti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:21
Last Modified: 28 Sep 2021 01:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13266

Actions (login required)

View Item View Item