KEPERCAYAAN DIRI SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA (SMPLB)-A PRPCN PALEMBANG

QURNIATY, RIA FITRI (2018) KEPERCAYAAN DIRI SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA (SMPLB)-A PRPCN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RIA FITRI QURNIATY 12210210.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Kepercayaan Diri Siswa Tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB)-A PRPCN Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yakni rendahnya kepercayaan diri di SMPLB-A PRPCN Palembang. Akan tetapi, di sisi lain dijumpai perilaku-perilaku siswa yang menunjukkan tingginya kepercayaan diri. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana kepercayaan diri siswa tunanetra di SMPLB-A PRPCN Palembang? Faktor apa saja yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa tunanetra di SMPLB-A PRPCN Palembang? Bagaimana upaya guru dan kepala sekolah dalam membangkitkan kepercayaan diri siswa tunanetra di SMPLB-A PRPCN Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri siswa tunanetra di SMPLB-A PRPCN Palembang, faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa tunanetra di SMPLB-A PRPCN Palembang dan upaya guru dan kepala sekolah dalam membangkitkan kepercayaan diri siswa tunanetra di SMPLB-A PRPCN Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif terdiri dari data angket yang ditransformasi menjadi angka, jumlah siswa, jumlah guru, jumlah pengelola tata usaha, jumlah sarana-prasarana serta jumlah pegawai lainnya di SMPLB-A PRPCN Palembang. Sedangkan data kualitatif terdiri dari deskripsi kepercayaan diri siswa tunanetra, faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri, upaya yang dilakukan guru dan kepala sekolah dalam membangkitkan kepercayaan diri siswa tunanetra, keadaan umum lokasi penelitian, sejarah berdirinya, visi, misi, keadaan guru dan siswa, kegiatan siswa, sarana dan prasarana, proses belajar mengajar, kurikulum pembelajaran, prestasi yang pernah diraih oleh SMPLB-A PRPCN Palembang. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer diperoleh dari seluruh siswa SMPLB-A PRPCN Palembang. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi, guru, kepala sekolah, serta staf tata usaha. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX SMPLB-A PRPCN Palembang. Hasil penelitian ini adalah yang pertama, kepercayaan diri siswa tunanetra di SMPLB-A PRPCN Palembang dikategorikan sedang sebanyak 4 responden dengan persentase 57,1%. Kedua, kepercayaan diri siswa tunanetra di SMPLB-A PRPCN Palembang dipengaruhi oleh konsep diri, pengalaman yang diterima, kondisi fisik, dukungan sosial, dan pendidikan yang diterima oleh siswa. Ketiga, upaya-upaya yang dilakukan guru dalam membangkitkan kepercayaan diri siswa tunanetra yaitu dengan mengenali karakteristik siswa, membantu siswa dalam mengatasi kekurangan, mengembangkan kelebihan yang dimiliki, membuat siswa merasa bangga atas dirinya, menanamkan rasa syukur pada siswa agar siswa tidak membandingkan dirinya dengan orang lain, membantu siswa agar mendapatkan pengetahuan yang utuh mengenai suatu objek, dan senantiasa memotivasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
?? LB ??
?? LB1603 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:21
Last Modified: 28 Sep 2021 01:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13275

Actions (login required)

View Item View Item