MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINA GURU DI MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM DESA SUMBER MULYO KEC. PULAU RIMAU

setiawan, cecep (2013) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINA GURU DI MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM DESA SUMBER MULYO KEC. PULAU RIMAU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1 Revisi.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB II Revisi.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB III Revisi.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV + BAB V.docx

Download (68kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di Madrasah Aliyah Darul Ulum Desa Sumbermulyo Kecamatan Pulau Rimau”. Rumusan masalah ini adalah bagaimana tingkat kedisiplina guru di Madrasah Aliya Darul Ulum?, bagaimana manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplina guru di Madrasah Aliyah Darul Ulum?, apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen kedisiplinan guru di Madrasah Aliyah Darul Ulum?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kedisiplinan guru di Madrasah Aliyah Darul Ulum, untuk mengetahui manajemen kepala medrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di Madrasah Aliyah Derul Ulum, serta apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen kedisiplinan guru di Madrasah Aliyah Darul Ulum. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi dan sampel adalah kepala madrasah dan guru di Madrasah Aliyah Darul Ulum yang berjumlah 21 orang, seluruh angota populasi dijadikan objek penelitian karena ini adalah penelitian populasi dan sampel. Sedangkan menurut metodologis, jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumberdata primer dan sekunder. Guna mempermudah data dalam penelitian ini maka penulis mengunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, teknik dokumentasi, teknik wawancara serta teknik angket. Analisa data yang diperoleh dengan rumus yang digunakan, sehingga hasil penelitian dapat diketahui dengan baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kedisiplinan guru di Madrasah Aliyah Darul Ulum dapat dikatagorikan sedang, yaitu 76%. Ini dapat diketahui dari perhitungan rumus yang digunakan. Sedangkat manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di Madrasah Aliyah Darul Ulum dapat dikatagorikan baik, hal ini dapat dilihat dari manajemen kepala madrasah yang dilakukan yaitu, membuat perencanaan, melakukan pengorganisasian, melakukan pelaksanaan, serta melakukan pengawasan. Adapun faktor-faktor manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru adalah faktor ekonomi yang mencakup kesejahteraan yang di terima oleh guru, faktor sosial yang mencakup keharmonisan kepala madrasah terhadap bawahanya serta kesadaran guru akan tanggung jawabnya dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:22
Last Modified: 28 Sep 2021 01:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13280

Actions (login required)

View Item View Item