pengaruh percaya diri terhadap kreativitas belajar siswa smpn 51 palembang

SATRIYA, SATRIYA (2013) pengaruh percaya diri terhadap kreativitas belajar siswa smpn 51 palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I REFISI.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan pengajaran. Yang mana tujuan dari pendidikan adalah memanusiakan manusia seutuhnya. Siswa sebagai agen penentu keberhasilan dalam sebuah lembaga pendidikan tentu diharapkan berprestasi dengan baik, memiliki kraetivitas yang baik didalam belajarnya maupun dalam kegiatan lainnya, siswa sebagai individu diharapkan dapat menggali potensi diri dan mengembangkan rasa percaya diri didalam kehidupannya sehari-hari. Dengan rasa percaya diri yang dimilikinya, individu siswa akan sangat dengan mudah berinteraksi didalam lingkungan belajarnya.     Percaya diri adalah sikap percaya dan yakin akan kemampuan yang dimiliki, yang dapat membantu seseorang untuk memandang dirinya dengan positif dan realitis sehingga ia mampu bersosialisasi secara baik dengan orang lain. Setiap individu siswa memiliki lingkungan dan latar belakang yang berbeda-beda, sehingga hal itu mempengaruhi kepribadian dan pembentukan rasa percaya dirinya dan tentu berpengaruh terhadap kraetivias belajar disekolahnya.     Dari latar belakang tersebut penulis ingin mengetahui bagaimana percaya diri dan kreativitas belajar serta pengaruhnya percaya diri terhadap kreativitas siswa di SMP N 51 Palembang.     Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat percaya diri dan kraetivitas belajar siswa serta pengaruhnya percaya diri terhadap kraetivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berusaha untuk mengetahui pengaruh percaya diri terhadap krativitas belajar siswa dengan pengambilan sampel sebanyak 50 responden.     Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode angket, wawancara dan dokumentasi di gunakan sebagai data pelengkap. Untuk mengetahui tingkat percaya diri dan kreativitas belajar siswa di SMP N 51 Palembang dengan menggunakan perhitungan T.S.R(Tinggi, Sedang, Rendah)dan Standar Deviasi, Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis Chi-Kuadrat dengan uji T tes.     Hasil penelitian menunjukan bahwa percaya diri pada siswa sebagian besar berada pada tingkat sedang, dan sebagian kecil berada pada tingkat tinggi dan sisanya pada tingkat rendah. Dan kreativitas belajar pada siswa sebagian besar berada pada tingkat sedang, dan sebagian kecil pada tingkat tinggi dan sisanya pada tingkat rendah. Dari hasil analisis data yang menggunakan Chi-Kuadrat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif atau siginifikan antara percaya diri terhadap kreativitas belajar siswa yang ditunjukan dengan X2hitung = 1,29 dan X2tabel = 3,84 maka X2hitung ≤ X2tabel sehingga Ho diterima. Hipotesa yang diajukan samakin baik percaya diri siswa maka semakin baik kreativitas belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:23
Last Modified: 28 Sep 2021 01:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13292

Actions (login required)

View Item View Item