PENINGKATAN KEMAMPUAN SHALAT SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MI AL-AWWAL PIPA REJA KECAMATAN KEMUNING KOTA PALEMBANG

Puspita, Julia Lili (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN SHALAT SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MI AL-AWWAL PIPA REJA KECAMATAN KEMUNING KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.doc

Download (105kB)
[img] Text
BAB II - V.doc

Download (356kB)

Abstract

Judul Penilitian ini adalah “Peningkatan Kemampuan Sholat Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Fiqh di MI Al-Awwal Pipa Reja Kecamatan Kemuning Kota Palembang”. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Sholat Siswa melalui penggunaan Media Audio Visual di MI Al-Awwal Pipa reja Kecamatan Kemuning Kota Palembang? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan Sholat siswa di MI Al-Awwal Pipa reja Kecamatan Kemuning Kota Palembang.Yang menjadi responden penelitian ini adalah Siswa kelas IV MI yang merupakan kelas yang dipilih peneliti sebagai subjek pelaksanan perbaikan pembelajaran, dengan jumlah siswa 25 orang, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. dalam penelitian ini yang menjadi sumber data adalah siswa yang menjadi responden penelitian, ditambah dengan para guru dan teknik pengumpulan data adalah hasil observasi dan test. dari Penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa: Hasil Penelitian Kemampuan sholat siswa kelas IV terlihat dari Siklus I bahwa hasil belajar siswa masih rendah, nilai rata-tara masih 64,6 dengan persentase ketuntasan belajar 52% atau 13 siswa yang tuntas belajar dari 25 siswa kelas IV, Sedangkan 48% atau 12 siswa yang belum tuntas. Pada Siklus II setelah menerapkan Media Audio Visual, Metode demontrasi dan melakukan praktek gerakan Shalat, nilai rata-rata belajar meningkat menjadi 78,2 dengan Persentase ketuntasan belajar 96% atau 24 siswa yang tuntas belajar dari 25 siswa kelas IV sedangkan 1 siswa yang tidak tuntas (4%). Media Audio Visual terbukti dapat dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa belajar di MI Al-Awwal Pipa reja Kecamatan Kemuning Kota Palembang. Media Audio Visual dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Fiqh pada materi gerakan Shalat. Hal ini terlihat saat proses pembelajaran berlangsung semua siswa tertuju pada Media Audio Visual yang digunakan didepan kelas. Dengan Media Audio Visual siswa lebih kreatif, Aktif dan lebih mudah memahami materi pelajaran dan lebih mudah untuk melakukan gerakan Shalat, sehingga hasil evaluasi lebih meningkat mencapai 96% tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:24
Last Modified: 28 Sep 2021 01:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13319

Actions (login required)

View Item View Item