PENGARUH BIMBINGAN GURU PAI TERHADAP TINGKAH LAKU ANAK DI SDN 3 SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

HARYANI, YUYUN (2014) PENGARUH BIMBINGAN GURU PAI TERHADAP TINGKAH LAKU ANAK DI SDN 3 SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB 2 YUYUN REVISI.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB III1 YUYUN REVISI.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV YUYUN REVISI.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB V YUYUN REVISI.docx

Download (20kB)

Abstract

Yuyun Haryani, 10 21 0720, “Pengaruh Bimbingan Guru PAI Terhadap Tingkah Laku Anak Di SDN 3 Sanga Desa Kabupaten Musi banyuasin” Permasalahan yang di teliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana bimbingan guru PAI di SDN 3 Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin, Bagaimana tingkah laku anak di SDN 3 Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin, Adakah pengaruh bimbingan guru PAI terhadap tingkah laku anak di SDN 3 Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian data kualitatif adalah data yang diperoleh dari jumlah guru dan siswa, dan jenis data kuantitatif adalah data yang berupa penjelasan tentang fenomena-fenomena yang berkaitan dengan bimbingan guru PAI. Sumber data penelitian ini adalah dua macam yakni data primer dan data sekunder. Data primer adalah data pokok yang diperoleh secara langsung dari lapangan penelitian yakni bersumber dari guru, siswa atau respon yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Sedangkan data sekunder adalah data penunjang yang diperoleh dari literatur-literatur yang mengemukakan permasalahan yang dibahas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui empat metode, yakni Observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif artinya mengurai, menyajikan atau menjelaskan seluruh permasalahan secara tegas dan sejelas-jelasnya, sedangkan data kuantitatif data yang berupa statistik yang diambil dari sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan guru PAI terhadap tingkah laku anak di SDN 3 Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin dapat dikategorikan sedang dengan indikator Guru PAI berusaha menanamkan nilai-nilai agama sejak dini, sehingga nantinya akan membentuk sikap dan kepribadian peserta didik sejak dini, Guru PAI memberikan suri teladan/contoh perbuatan baik dalam kehidupan sehari-hari, Guru PAI mengadakan kegiatan keagamaan seperti perayaan hari besar Islam, Guru PAI mengadakan pembinaan keagamaan seperti tatacara shalat, wudhu, tayamum, berdoa, berzikir, shalat jamaah dan lain-lain, Guru PAI memberi teguran secara lisan dan tulisan kepada peserta didik apabila ada yang berbuat yang mencerminkan Akhlak yang buruk, Guru PAI selalu memberikan arahan dan motivasi tentang pentingnya melakukan berbagai kewajiban seorang hamba kepada Allah seperti puasa, zakat, berdoa, shalat dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dilihat pada hasil analisa angket yang disebarkan kepada siswa sebanyak 20 siswa, yaitu sebagian besar 6 orang responden (30%) tergolong baik, sedangkan 8 orang responden (40%) tergolong sedang dan 6 orang responden (30%) tergolong rendah. Sedangkan keadaan tingkah laku anak di SDN 3 Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin tergolong sedang atau cukup baik, ini terbukti dengan hasil analisa jawaban angket, yaitu sebagian besar 5 orang responden (25%) tergolong baik sedangkan 9 responden (45%) tergolong sedang dan 6 orang responden (30%) tergolong rendah. Maka dari hasil olah data dalam penelitian ini diketahui bahwa pada sketsa taraf signifikansi, yaitu 5% 1% = 0,444 . Dengan demikian berarti hipotesa alternatif (Ha) yang berbunyi terdapat pengaruh signifikan antara bimbingan guru PAI terhadap tingkah laku anak di SDN 3 Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin dapat diterima sedangkan (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:24
Last Modified: 28 Sep 2021 01:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13324

Actions (login required)

View Item View Item