UPAYA GURU MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SUKU KATA DENGAN METODE CARD SORT DI KELAS B RAUDHATUL ATHFAL BINA ANANDA I PALEMBANG

EMPIYANI, EMPIYANI (2014) UPAYA GURU MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SUKU KATA DENGAN METODE CARD SORT DI KELAS B RAUDHATUL ATHFAL BINA ANANDA I PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I & II.docx

Download (875kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB IV1.docx

Download (105kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (29kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran apabila diimplementasikan dengan baik dan benar. Artinya pihak yang terlibat dalam PTK dengan sadar mengembangkan kemampuan dalam mendeteksi dan memecahkan masalah-masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas.     Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan metode card sort dapat meningkatkan pemahaman membacasuku kata pada anak di RaudathulAthfal Bina Ananda 1 Palembang ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha yang dilakukan guru dalam meningkatkan pemahaman membaca suku kata dengan metode card sort. Subjek penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah anak kelompok B Raudathul Athfal BinaAnanda 1 Palembang tahun ajaran 2013 – 2014. Tehnik pengumpulan data menggunakan pengamatan tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan dengan beberapa tahap yaitu prasiklus, siklus 1, siklus 2, siklus 3. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak-anak Raudathul Athfal Bina Ananda 1 Palembang dalam pemahaman membaca suku kata masih rendah dengan jumlah keberhasilan 2 siswa. Dengan diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui tahapan siklus 1, siklus 2 dans iklus 3 dengan metode card sort maka kemampuan anak meningkat pada setiap siklus.Hal ini dilihat dari jumlah anak mencapai ketuntasan pada siklus 1 sebanyak 12 siswa, siklus 2 sebanyak 15 siswa dan siklus 3, 20 siswa.     Jadi kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metode card sort dapat meningkatkan pemahaman membaca suku kata anak Raudathul Athfal Bina Ananda 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:26
Last Modified: 28 Sep 2021 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13345

Actions (login required)

View Item View Item