Setiawan, Ananda (2019) ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAYARAMAN DALAM PERESPEKTIF TEORI SKINNER. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah aktivitas Belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman dan mengaitkannya dengan Teori Belajar Skinner.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah impelementasi Teori Skinner yang di laksanakan guru dalam pembelajaran IPA di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman ? (2) Bagaimana Aktivitas Belajar siswa dalam pembelajaran IPA ditinjau dari prespektif Teori Skinner di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman? (3) faktor pendukung dan penghambat Aktivitas Belajar siswa dalam pembelajaran IPA ditinjau dari prespektif Teori Skinner di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Teori Skinner yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran IPA di kelas IV Madrasah ibtdaiyah negeri payaraman dan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa di kelas IV Madrasah Ibtidaiya Negeri payaraman dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang di gunakan yakni kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Alat pengumpulan data yaitu obsevasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. (1) Teori belajar Skinner dalam pembelajaran IPA sudah di implementasikan oleh guru di dalam proses belajar dan mengajar sehingga membuat proses pembelajaran menjadi lebih aktif,kondusif dan terkendali. Adapun Teori belajar Skinner yang diimplementasikan guru yakni Reinforcemen (Penguatan), Punishmen (Hukuman), Shaping (Keterampilan), Extenction (Kepunahan). (2) Aktivitas belajar siswa di dalam kelas bermacam macam ada yang bermain saat di dalam kelas, tidak memperhatikan guru saaat menjelaskan, dan ada siswa yang sibuk dengan pekerjaan nya sendiri, untuk mengatasi aktivitas tersebut Teori belajar Skinner yang memberikan opsi untuk mengontrol aktivitas siswa menjadi positif dengan, Reinforcemen (Penguatan), Punishmen (Hukuman), Shaping (Keterampilan), Extenction (Kepunahan). (3) Faktor pendukung dalam aktivitas belajar siswa yakni Buku dan alat peraga.Dan faktor penghambat dalam aktivitas belajar siswa yakni sumber buku dan juga sarana prasarna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 01:26 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 01:26 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13351 |
Actions (login required)
View Item |