PENGARUH METODE BRAINSTROMING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 53 PALEMBANG

MAHARANI, SAJIDAH (2015) PENGARUH METODE BRAINSTROMING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 53 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (822kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa di SMP Negeri 53 Palembang. Siswa tidak dibiasakan untuk berani mengajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat selama proses pembelajaran, serta dalam mengerjakan soal- soal jawaban seluruh siswapun rata- rata kurang bervariasi. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode Brainstroming agar kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dan pengaruh penerapan metode Brainstroming terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VIII SMP Negeri 53 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Brainstroming dengan kategori posttest-only control design yang melibatkan 39 siswa kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol dan 38 siswa kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen. Hasil dari penelitian ini didapat nilai kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu kemampuan berpikir orisinal 68,75% baik, kemampuan berpikir lancar 64,48% baik, kemampuan berpikir luwes 62,49% cukup baik dan kemampuan memerinci 73,49% baik. Dan kemampuan berpikir kreatif dapat juga dilihat dari nilai rata- rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 73,03 sedangkan nilai rata- rata kemampuan kelas kontrol 64,96. Adapun pengujian hipotesis dengan uji-t didapat karena sehingga disimpulkan ada pengaruh positif yang signifikan mengenai metode Brainstroming pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VIII SMP Negeri 53 Palembang. Kata Kunci : Metode Brainstroming, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:34
Last Modified: 28 Sep 2021 02:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13371

Actions (login required)

View Item View Item