EVALUASI TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN PESANTREN MINI DI MA PATRA MANDIRI PLAJU PALEMBANG

MISWANTO, MISWANTO (2013) EVALUASI TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN PESANTREN MINI DI MA PATRA MANDIRI PLAJU PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Sekripsi Miswanto Lengkap.docx

Download (137kB)

Abstract

Evaluasi program pendidikan adalah proses untuk mengetahui apakah tujuan pendidikan sudah dapat terealisasikan. Penelitian ini mengangkat masalah evaluasi program pendidikan pesantren mini di MA Patra Mandiri Plaju Palembang. Pesantren mini merupakan suatu pendidikan yang mengadopsi sistim pendidikan di pesantren pada umumnya, tetapi hanya sebagian kecil yang di terapkan. Dalam melakukan penelitian evaluator menggunakan jenis evaluasi model CIPP (context, input, process, product). Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana program tersebut berjalan dengan baik. Untuk itu rumusan masalah yang di gunakan antara lain: (1) Bagaimana konteks (Contex) pelaksanaan program pendidikan pesantren mini di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju Palembang terhadap kebutuhan masyarakat, (2) Bagaimanakah prosedur rekrutmen siswa, keadaan guru, kurikulum dan fasilitas belajar sebagai tahap masukan (input) pelaksanaan program Pendidikan Pesantren Mini di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju Palembang, (3) Bagaimanakah implementasi program yang meliputi : pelaksanaan pembelajaran pendidikan pesantren mini, kegiatan tambahan yang menunjang, sebagai tahap proses (Process) program Pendidikan Pesantren Mini di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju Palembang, (4) Bagaimanakah hasil program pendidikan pesantren mini yang meliputi hasil ujian nasional, prestasi yang dicapai, dan tanggapan masyarakat terhadap lulusan Madrasah Aliyah Patra Mandiri.     Jenis penelitian ini adalah evaluasi program yang menggunakan model CIPP, yaitu: contex, input, process dan product, dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru, tata usaha, dan masyarakat sekitar MA Patra Mandiri Plaju Palembang.     Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan tiga prosedur, yaitu reduksi data, display, dan verifikasi data.     Berdasarkan hasil analisis penelitian, dapat disimpulkan bahwa: Evaluasi tahap konteks (context) yang meliputi (a) landasan program dan tujuan, (b) kebutuhan masyarakat, dan (c) kelayakan sekolah MA Patra Mandiri Plaju Palembang sudah cukup bagus, namun ada kendala yang dapat menimbulkan permasalahan, yaitu kurangnya sosialisasi kepada masyarakat tentang program pendidikan pesantren mini. Sedangkan evaluasi tahapan masukan (input) yang meliputi: (a) rekrutmen siswa, (b) keadaan guru, (c) penilaian fasilitas belajar di MA Patra Mandiri Plaju Palembang ditemukan kendala yaitu kurangnya jumlah guru yang menangani secara khusus program pendidikan pesantren mini. Dan evaluasi dalam tahapan proses (process) yang meliputi: (a) pelaksanaan pembelajaran pendidikan pesantren mini, (b) kegiatan jam tambahan di MA Patra Mandiri Plaju Palembang sudah baik, dan output atau hasil (product) yang dikeluarkan sudah sesuai dengan tujuan dari penerapan program pendidikan pesantren mini dan kebutuhan masyarakat tentang kpribadian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:32
Last Modified: 28 Sep 2021 02:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13438

Actions (login required)

View Item View Item