HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MA AL-KHOIRIYAH DESA MENANTI KECAMATAN KELEKAR KABUPATEN MUARA ENIM

YUNIZA, YUNIZA (2014) HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MA AL-KHOIRIYAH DESA MENANTI KECAMATAN KELEKAR KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I yuniza.docx

Download (106kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB III Yuniza.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV Yuniza baru.docx

Download (122kB)
[img] Text
BAB V Yuniza.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini dengan judul : Hubungan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Kedsiplinan Siswa di MA Al-Khoiriyah Desa Menanti Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim. Dilatar belakangi oleh fakta bahwa guru itu sebagai pelaksana dan ujung tombak pendidikan, dituntut memiliki kemampuan dalam mengajar. Karena itu seorang guru harus memiliki kecakapan dan keahlian tentang keguruan. Dalam hal ini kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi sosial. Guru yang tidak berkompeten sosial dalam mengajar akan mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa. Dari kompetensi sosial inilah guru akan mengetahui apa yang harus dijalankan, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi. Kedisiplinan siswa ditentukan oleh kemampuan guru dalam berinteraksi sosial dengan para siswa. Berkaitan dengan latar belakang di atas, maka penulis akan meneliti tentang: Bagaimana Hubungan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Kedsiplinan Siswa di MA Al-Khoiriyah Desa Menanti Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan kompetensi sosial guru terhadap kedisipolinan siswa di MA Al-Khoiriyah Desa Menanti Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim. Selanjutnya, jenis penelitian ini adalah deskriptif, yaitu peneliti hanya menggunakan fakta-fakta yang terjadi, kemudian penulis analisis menjadi sebuah tulisan penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kuantitatif yaitu data-data hasil observasi atau pengukuran yang dinyatakan angka, dan data Kualitatif yaitu menunjukan tingkat kompetensi sosial guru dan kedisiplinan siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data primer adalah pihak yang terkait yakni guru yang berjumlah dua orang guru, sedangkan sumber data sekunder yaitu diperoleh dari kepala sekolah, staf tata usaha, dan murid-murid di MA Al-Khoiriyah Desa Menanti Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 120 orang siswa dan cluster sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa (25%) kelas XI. Kemudian untuk memperoleh data, penulis menggunakan alat pengumpul data observasi yaitu pengamatan/penilaian yang melibatkan diri secara langsung tentang kompetensi sosial guru dan kedisiplinan siswa; wawancara (key informan) untuk mengetahui tentang sejarah sekolah dan keadaan sekolah; dokumentasi yaitu melihat data berupa arsip yang berkaitan penelitian sini; angket yaitu menyebarkan kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui kompetensi sosial guru dan kedisiplinan siswa. Kesimpulan dari skripsi ini bahwa kompetensi sosial guru tergolong sedang yaitu: 20 orang siswa dari 30 sampel dengan tingkat persentase 66,66%. Sedangkan kedisiplinan siswa kelas XI tergolong sedang yaitu: 22 orang siswa dari 30 sampel dengan persentase 73,33% dan mengenai kedisiplinan siswa yang tergolong baik yaitu: 2 orang siswa dengan persentase 6,66% serta kedisiplinan siswa tergolong rendah/kurang yaitu: 6 orang dengan persentase 20%. Dengan df sebesar 38 diperoleh “r” tabel pada signifikansi 5% sebesar 0,361 sedangkan pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,463. Ternyata rxy (0,461) adalah lebih besar dari taraf signifikansin 5% sebesar 0,361 dan mendekati taraf 1% sebesar 0,463. Untuk lebih jelasnya yaitu 0,361< 0,461< 0,463. Hipotesa alternatif (Ha) yakni: “adanya hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap kedisiplinan siswa di MA Al-Khoiriyah Desa Menanti Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim; diterima” dan hipotesa nihil (Ho) yakni: “tidak adanya hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap kedisiplinan siswa di MA Al-Khoiriyah Desa Menanti Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim; ditolak”.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:33
Last Modified: 28 Sep 2021 02:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13465

Actions (login required)

View Item View Item