UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PPKn TEMA HIDUP RUKUN MELALUI METODE PEMBELAJARAN TONGKAT BERJALAN PADA SISWA KELAS II.D MI. AHLIYAH 2 PALEMBANG

ANGGRIANI, LENI (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PPKn TEMA HIDUP RUKUN MELALUI METODE PEMBELAJARAN TONGKAT BERJALAN PADA SISWA KELAS II.D MI. AHLIYAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1-lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sering kurang diperhatikan oleh semua pihak di lingkungan sekolah, baik guru maupun siswa. Proses pembelajaran PPKn yang monoton dan kurang bervariasi serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan siswa cenderung bersifat pasif dalam proses pembelajaran. Setelah diketahui permasalahannya, maka rumusan masalahnya adalah Apakah melalui Metode pembelajaran tongkat berjalan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran PPKn Tema Hidup Rukun yang digunakan di kelas II.D MI.Ahliyah 2 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran PPKn dengan tema hidup rukun melalui metode pembelajaran tongkat berjalan di kelas II.D MI.Ahliyah 2 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas II.D MI Ahliyah 2 Palembang dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 14 orang dan siswi perempuan sebanyak 13 orang. Penelitian ini dimulai dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yaitu prasiklus, siklus 1, siklus 2 dan dilaksanakan mulai awal tahun ajaran baru yaitu bulan Juli sampai dengan bulan September 2014. Hasil penelitian menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode tongkat berjalan dapat meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa kelas II.D MI.Ahliyah 2 Palembang. Keaktifan belajar siswa mengalami kenaikan yang signifikan. Pada prasiklus siswa yang belum mencapai tingkat keaktifan sebanyak 17 orang atau sebesar 54,94 % dan pada prasiklus siswa yang aktif belajar baru mencapai 11 orang atau sebesar 37,02 % dan tingkat partisipasi siswa atau keaktifan siswa belum terlihat. Siswa yang aktif hanya 6 orang siswa atau 22,22%, siswa yang pasif hanya 14 orang atau 51,85%, dan yang tidak terlibat sama sekali ada 7 orang siswa atau 25,92%. Kemudian pada siklus pertama menurun sebayak 9 orang atau sebesar 33,32 % dan siswa yang aktif belajar meningkat menjadi 22 orang atau sebesar 66,66 % dan siswa yang terlihat aktif 18 orang siswa atau 77,50 %, siswa yang pasif 7 orang atau 25,92 % dan siswa yang tidak terlibat sama sekali ada 2 orang atau 7,40 %. Terakhir pada siklus kedua tidak ada lagi siswa yang tidak aktif belajar 27 siswa semuanya tuntas 100 %. Dari 27 Orang siswa semuanya terlibat dengan aktif pada proses pembelajaran tidak ada lagi siswa yang pasif atau tidak terlibat

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:34
Last Modified: 28 Sep 2021 02:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13520

Actions (login required)

View Item View Item