PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG

SUNDARI, HIKMA (2011) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Data Skripsi (Perpustakaan Pusat) HIKMA SUNDARI.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Perpustakaan merupakan sarana untuk memberikan pelayanan kepada siswa dalam memenuhi sebagian besar kebutuhan akan buku pelajaran siswa pada suatu lembaga pendidikan. Setiap sekolah mempunyai perpustakaan, di dalam pendidikan modern perpustakaan sekolah dianggap sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kurikulum. Karena perpustakaan merupakan penunjang proses pendidikan yang diatur secara sistematis sebagai sumber informasi untuk memperkembangkan dan memperdalam ilmu pengetahuan oleh pendidik maupun yang dididik itu sendiri. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi siswa kelas VIII B serta kaitannya dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah serta kaitannya dengan prestasi belajar siswa. Kegunaan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: terdapat pengaruh yang berarti antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yakni seluruh siswa kelas VIII B yang berjumlah 37 orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini yakni data kualitatif dan data kuantitatif.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data primer yaitu mengenai pemanfaatan perpustakaan sekolah kemudian untuk mengetahui nilai prestasi siswa serta data sekunder atau data yang sudah tersedia di SMP Negeri 3 Palembang dapat diperoleh dari dokumentasi sekolah yakni dari nilai MID semester siswa. Wawancara digunakan sebagai pelengkap dari data yang sudah diperoleh dengan menggunakan teknik yang sebelumnya, observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai lokasi penelitian serta sarana dan prasarana. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, pemanfaatan perpustakaan sekolah kaitannya dengan prestasi belajar siswa adalah sedang. Dari analisis statistik diperoleh angka indeks korelasi product moment (rxy) sebesar 0,705. Jadi, Dengan mengunjungi dan memanfaatkan perpustakaan sekolah maka akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Artinya semakin sering siswa membaca dan belajar di perpustakaan maka prestasi belajar siswa akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:33
Last Modified: 28 Sep 2021 02:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13525

Actions (login required)

View Item View Item