STRATEGI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 NGUNANG KECAMATAN SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

NURMALIZA, NURMALIZA (2014) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 NGUNANG KECAMATAN SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Bab 1 liza.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II liza.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB III Liza.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB IV liza.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB V LIZA.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 1 Ngunang Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin. Untuk mengetahui strategi guru dan minat siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini juga untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi strategi guru kelas dalam meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Ngunang Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin. Responden utama penelitian ini adalah Guru Kelas IV dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Ngunang Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin.. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini dapat dikelompokkan dalam dua jenis, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dimaksudkan adalah data yang berupa kalimat, seperti baik, kurang baik, dan buruk strategi guru kelas dalam meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Ngunang Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin. Sedangkan data kuantitatif adalah data yang dinyatakan dengan angka tentang jumlah guru, pegawai, siswa, sarana dan prasarana seperti lokal belajar, meja dan kursi siswa, meja dan kursi guru, papan tulis. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Terlebih dahulu data yang telah terkumpul diolah melalui editing, koding, dan klasifikasi data. Kemudian dianalisa secara deskriptif kualitatif. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi data dengan melakukan wawancara kepada guru lain. Hasil penelitian ini adalah strategi yang digunakan oleh seorang guru kelas sudah baik dalam melaksanakan pembelajaran IPA. Dengan proses belajar mengajar guru sangat bersemangat membimbing siswanya dalam pembelajaran agar menjadi proses belajar yang aktif dan menyenangkan bagi siswanya, siswa tidak pasif melainkan siswa aktif dalam proses belajar. Faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam meningkatkan minat siswa ini yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung dalam strategi guru adalah berasal dari dalam diri siswa itu sendiri yang meliputi perhatian, minat, tanggapan, respon dan keaktifan siswa. Sedangkan faktor yang menghambat dalam strategi guru adalah berasal dari kemampuan guru dalam mengkondisikan siswa, tingkat kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran dan kurangnya sumber belajar dan sarana prasarana dalam pelaksanaan proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:07
Last Modified: 28 Sep 2021 03:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13549

Actions (login required)

View Item View Item