UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE IQRO’ KELAS II SDN 1 SINAR HARAPAN MULYA KECAMATAN TELUKGELAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

BAHARUDDIN, BAHARUDDIN (2014) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE IQRO’ KELAS II SDN 1 SINAR HARAPAN MULYA KECAMATAN TELUKGELAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Bab I baharudin.doc

Download (113kB)
[img] Text
BAB II Baharudin.doc

Download (124kB)
[img] Text
Bab III Baharudin.doc

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV Baharudin.doc

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (27kB)

Abstract

Metode iqro’ menggunakan metode CBSA yaitu system pembelajaran yang menekankan keaktifan siswa secara fisik, mental, intelektual dan emosional, guna memperoleh hasil belajar yang berupa perpaduan antara aspek koknitif, efektif dan psikomotor. Dengan perinsif CBSA ini diharapkan anak-anak benar-benar mengerti bisa mengucapkan huruf-huruf hijaiyah dengan benar serta terhindar dari verbalis (hapal tapi tidak mengerti). Permasalahan dalam penelitian ini : “Apakah dengan menggunakan metode iqro’ dapat meningkatkan kemampuan siswa Kelas II di SDN 1 Sinar Harapan Mulya dalam menguasai huruf hijaiyah ?”. Adapun alasan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah : untuk memperbaiki proses belajar mengajar dalam pengajaran pendidikan agama Islam di SDN 1 Sinar Harapan Mulya, mengembangkan kualitas guru dalam mengajarkan huruf hijaiyah atau al-qur’an di SDN 1 Sinar Harapan Mulya, memberikan alternatif kegiatan pembelajaran al-qur’an termasuk pengajaran huruf hijaiyah, menciptakan rasa senang belajar pendidikan agama islam selama pembelajaran berlangsung dengan adanya penggunaan metode iqro’ sebagai media pembelajaran.     Berdasarkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terutama dalam melafal huruf hijaiyah menunjukkan adanya peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Keadaan sebelum perbaikan pembelajaran (prasiklus), jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar memperoleh nilai ≥ 61 hanya 4 orang anak dengan ketuntasan baru mencapai 20% kemudian meningkat menjadi 13 orang dengan nilai rata-rata 67 dengan ketuntasan belajar 65% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 15 orang dengan nilai rata-rata 68 dengan ketuntasan belajar 75% pada siklus II, pada siklus III meningkat menjadi 19 orang dengan nilai rata-rata telah mencapai 80,5 dengan ketuntasan belajar 95 %. Sementara target nilai rata-rata yang ditetapkan 70,00. Siswa yang main-main tampak pada siklus I dan siklus II telah banyak berkurang pada siklus III siswa kurang memperhatikan teman dalam membaca pada siklus I dan siklus II sudah menyimak bacaan temanya sehingga akhirnya ketuntasan belajar dapat dicapai.     Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka perlu penerapan metode iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa kelas II di SDN 1 Sinar Harapan Mulya. Hal yang perlu disarankan adalah sebagai berikut: guru memotivasi seluruh siswa untuk giat berusaha dalam membaca huruf hijaiyah karena membacanya merpakan ibadah. Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang lemah dalam membaca huruf hijaiyah dengan penuh kesabaran. Melatih dan membiasakan siswa secara berkesinambungan sehingga siswa terbiasa dalam membaca huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:58
Last Modified: 28 Sep 2021 02:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13551

Actions (login required)

View Item View Item