PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-HIKMAH PALEMBANG

DESI NORVITA, ENDAH (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-HIKMAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
9. BAB 1-5.docx

Download (162kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Pembelajaran Point CounterPoint Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Hikmah Palembang. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis MTs Al-Hikmah Palembang, penulis mengamati bahwa proses pembelajaran Fiqih di MTs Al-Hikmah masih menggunakan pola lama yaitu ceramah dan mencatat, sehingga terlihat siswa kurang merespon pelajaran yang sedang berlangsung, siswa merasa bosan dan mengalami kejenuhan belajar, hal ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat memicu siswa untuk berpikir sehingga mereka bisa aktif dalam kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran Fiqih. Pokok permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode pembelajaran Point CouterPoint pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Al-Hikmah Palembang, bagaimana hasil belajar siswa sesudah diterapkannya metode pembelajaran Point CouterPoint pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Al-Hikmah Palembang dan apakah melalui penerapan metode pembelajaran Point CounterPoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Al-Hikmah Palembang. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen One-Group Pretest –Postest Design . Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, metode tes dan dokumentasi. Dan kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII. Dari hasil penelitian diperoleh, siswa yang tuntas sebelum penerapan metode Point CounerPoint sebanyak 6 orang siswa dan yang tidak tuntas 3 siswa, sedangkan siswa yang tuntas setelah penerapan metode Point CounterPoint sebanyak 10 orang siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 orang siswa. Untuk menguji signifikansi hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode Point CounterPoint, digunakan rumus uji ”t” dan diperoleh sebesar 9,94. Perhitungan dengan membandingkan baik pada taraf signifikan 5% atau pada taraf signifikan 1% adalah: 2,04 < 9,94 > 2,75. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Point CounterPoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dengan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkannya media gambar, ini berarti Ha yang berbunyi “ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Al-Hikmah Palembang”, dapat diterima sedangkan Ho ditolak atau tidak disetujui.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:57
Last Modified: 28 Sep 2021 02:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13561

Actions (login required)

View Item View Item