UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEMBACA INTENSSIF MENGGUNAKAN METODE DRILL DI KELAS IV M.I WATHONIYAH PALEMBANG

MISRADEWI, MISRADEWI (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEMBACA INTENSSIF MENGGUNAKAN METODE DRILL DI KELAS IV M.I WATHONIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (228kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB III 2.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (181kB)

Abstract

Skripsi ini adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK) yang berjudul Upaya Meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia Melalui membaca intensif menggunakan metode Drill di kelas IV M.I Wathoniyah Palembang. Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Di MI Wathoniyah 5 Ulu Palembang. Penelitian ini berangkat dari latar belakang rendahnya kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Wathoniyah Palembang. Penelitian skripsi ini memfokuskan pada permasalahan apakah penerapan metode Drill dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas IV MI Wathoniyah Palembang? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh peningkatan hasil kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode Drill di kelas IV MI Wathoniyah Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan action research yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari tiga siklus, yang mana setiap siklus peneliti dibantu oleh teman sejawat dalam mengobservasi aktivitas belajar siswa di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil kemampuan membaca siswa pada tiap siklusnya. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian menunjukkan sebelum menggunakan metode Drill nilai rata-rata hasil belajar siswa 57,85 dengan persentase ketuntasan 17,85 %, kemudian meningkat menjadi 66,78 dengan persentase ketuntasan 64,28 % pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 71,02 dengan persentase ketuntasan 67,5 % pada siklus II, kemudian meningkat kembali menjadi 87 dengan persentase ketuntasan 100 % pada siklus III. Dari hasil pelaksanaan PTK, siklus pertama, kedua dan ketiga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Drillr dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Wathoniyah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:57
Last Modified: 28 Sep 2021 02:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13563

Actions (login required)

View Item View Item