UPAYA GURU PAI MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT FARDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SDN 32 KECAMATAN RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN

SYUKRI, KARTILAWATI (2013) UPAYA GURU PAI MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT FARDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SDN 32 KECAMATAN RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I KARTILAWATIi.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KARTILAWATIi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III KARTILAWATIi.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV KARTILAWATIiiiiiiiiiiii.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V KARTILAWATIi.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: Apakah dengan metode Demonstrasi kemampuan melaksanakan ibadah shalat Fardhu siswa kelas IV SD Negeri 32 Rantau Bayur Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin dapat ditingkatkan? Sementra tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan ibadah shalat Fardhu siswa kelas IV SD Negeri 32 Rantau Bayur Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin melalui metode Demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Yang dilakukan selama 2 bulan. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan meetode demonstrasi, observasi aktivitas siswa dan guru serta tes formatif dan menggunakan analisis deskriptip kuantitatif yaitu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar yang di capai siswa. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa upaya guru PAI meningkatkan kemampuan melaksanakan ibadah shalat Fadhu melalui metode Demonstrasi di kelas IV SD N 32 Rantau Bayur kabupaten Banyuasin diketahui aktivitas guru dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus III tergolong cukup baik. Hal ini berarti mengalami perbaikan dari siklus I dan II. Dari skor ideal 280 nilai yang diperoleh adalah 210 atau 15,00% pada siklus II. Kemudian menjadi 272 atau 19,43% pada siklus III dari nilai idealnya 280. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan. Hasil evaluasi siklus III penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran tentang shalat melalui metode Demonstrasi semakin meningkat, hal ini dikarenakan: Guru semakin lebih baik lagi dalam menciptakan suasana pembelajaran yang mengarah kepada upaya peningkatan prestasi belajar siswa tentang shalat melalui metode Demonstrasi mencapai 60,36% pada siklus I, kemudian pada siklus II menjadi 75,00% dan pada siklus III menjadi 97,14%.Sebagian besar siswa sudah mulai terbiasa dengan kondisi belajar tentang shalat dengan menggunakan metode Demonstrasi. Hal ini diketahui dari hasil observasi terhadap adanya peningkatan pemahaman dan pengamalan shalat siswa kelas IV melalui metode pembelajaran langsung dalarn PBM mencapai 97,14%. Hasil evaluasi pada siklus I mencapai rata-rata 12,07 kemudian pada siklus II mencapai 15,00 dan pada siklus III menjadi 19,43

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:57
Last Modified: 28 Sep 2021 02:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13564

Actions (login required)

View Item View Item