PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS POTENSI DAERAH KOTA PAGAR ALAM DENGAN SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SEMESTER 2 SEKOLAH DASAR

Juliani, Oka (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS POTENSI DAERAH KOTA PAGAR ALAM DENGAN SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SEMESTER 2 SEKOLAH DASAR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI OKA JULIANI (1710201039).pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI OKA JULIANI (1710201039).pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui perencanaan desain bahan ajar berbasis Potensi Daerah Kota Pagar Alam dengan subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku kelas IV semester 2 Sekolah Dasar yang baik, (2) menghasilkan produk bahan ajar yang valid dan (3) menghasilkan produk bahan ajar yang praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Tessmer yang terdiri dari 2 tahapan yaitu tahap preliminary (tahap expert review, tahap one to one, dan tahap small group). Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas IV SDN 74 kota Pagar Alam. Hasil dari penelitian pengembangan ini dapat ditarik kesimpulan yaitu menghasilkan bahan ajar tematik berbasis Potensi Daerah Kota Pagar Alam yang valid. Hal ini dapat dilihat dari hasil lembar walkthrough dari tiga teman sejawat atau dosen pada tahap expert review, yaitu (1) validator ahli desain dengan persentase penilaian sebesar 86, (2) validator ahli bahasa dengan persentase penilaian sebesar 84 dan (3) validator ahli materi dengan persentase penilaian sebesar 91. Dengan persentase penilaian rata-rata sebesar 87 sehingga dapat dikatakan dalam kategori valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Sementara bahan ajar tematik berbasis Potensi Daerah Kota Pagar Alam dapat dikategorikan praktis, hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian lembar angket peserta didik (kepraktisan) yang telah diisi oleh peserta didik pada tahap small group dengan persentase penilaian rata-rata sebesar 87 sehingga dapat dikatakan dikategorikan praktis dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci :Bahan Ajar, Tematik, Potensi Daerah, Kota Pagar Alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Tematik, Potensi Daerah Kota Pagar Alam.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:21
Last Modified: 28 Sep 2021 03:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13591

Actions (login required)

View Item View Item