UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT MATERI SURAH-SURAH PENDEK KELAS V DI SD NEGERI 1 TELUK KIJING

H. Aslim, Alpan (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT MATERI SURAH-SURAH PENDEK KELAS V DI SD NEGERI 1 TELUK KIJING. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
skipsi.docx

Download (214kB)

Abstract

Skripsi ini membahas penerapan metode card sort pada pembelajaran PAI materi pokok surah-surah pendek bagi peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Teluk Kijing Kec. Lais Kab. Musi Banyuasin tahun pelajaran 2013/2014. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) bagaimana penerapan metode card sort pada pembelajaran PAI materi pokok surah-surah pendek siswa kelas V SD Negeri 1 Teluk Kijing Kec. Lais Kab. Musi Banyuasin tahun pelajaran 2013/2014?, 2) Adakah peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Teluk Kijing pada pembelajaran pembelajaran PAI materi pokok surah-surah pendek setelah menerapkan metode card sort?. Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode card sort pada pembelajaran PAI materi pokok surah-surah pendek bagi peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Teluk Kijing Kec. Lais Kab. Musi Banyuasin tahun pelajaran 2013/2014 dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu dari perencanaan peneliti membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, menyediakan kartu rinci dan induk, menyusun alat evaluasi, menyiapkan lembar observasi dan pendokumentasian. Kemudian dilakukan tindakan yang merupakan proses pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari pendahuluan, tahap pelaksanaan, dan terakhir penutup. 2) Peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa pada pembelajaran PAI materi pokok surah-surah pendek siswa kelas V SD Negeri 1 Teluk Kijing setelah menerapkan metode card sort dapat dilihat hasil belajar siswa per siklus yaitu pada prasiklus menghasilkan rata-rata 58,1, setelah dilakukan pembelajaran dengan metode card sort pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 66,4 setelah di lakukan pembelajaran pada siklus II rata-rata naik menjadi 70,3 dan siklus III menjadi 73,2. Hasil belajar siswa seluruhnya sudah berada dalam karegori baik dan sangat baik. Sementara itu ketuntasan klasikal dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran juga terus meningkat dari siklus ke siklus ini dapat dibuktikan dari hasil berikut secara berturut-turut, ketuntasan klasikal dari pra siklus sampai dengan siklus III yaitu : 23,8%;52,4%;80,9% dan 100% pada silus III. Keaktifan siswa secara berturut-turut dari pra siklus sampai dengan siklus III yaitu : 40%; 65%; 70%; dan 95%. Ini menunjukkan hasil belajar sudah melebihi indikator keberhasilan yang diinginkan dan hipotesis tindakan terwujud.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:22
Last Modified: 28 Sep 2021 03:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13595

Actions (login required)

View Item View Item