PENGARUH PENGGUNAAN LEMBARAN LEPAS (HANDOUT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII MTs BABUL FALAH TANJUNG BUNUT LEMBAK MUARA ENIM

WINDAWATI, WINDAWATI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBARAN LEPAS (HANDOUT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII MTs BABUL FALAH TANJUNG BUNUT LEMBAK MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI bab 1-5.docx

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media lembaran lepas sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA Biologi di Mts Babul Falah Tanjung Bunut Lembak Muara Enim. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Dalam populasi penelitian ini akan di jadikan sampel penelitian karena jumlah siswanya kurang 100. Model pembelajaran yang digunakan adalah media lembaran lepas. Data yang di ambil adalah hasil belajar berupa hasil belajar selama mengikuti kegiatan belajar mengajar sebanyak dua kali pertemuan dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, di peroleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol adalah 72,14 dan 63,21. Berdasarkan uji hipotesis, didapat thitung dengan nilai 3,25, serta nilai ttabel dengan nilai 2,00 yang artinya hipotesis diterima. dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media lembaran lepas pada pembelajaran IPA Biologi terhadap hasil belajar siswa di Mts Babul Falah Tanjung Bunut Lembak Muara Enim. Kata Kunci : Media Lembaran Lepas (handout), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:22
Last Modified: 28 Sep 2021 03:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13605

Actions (login required)

View Item View Item