UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH DI KELAS V C SD NEGERI 221 PALEMBANG

TsuaibatulAslamiyah, TsuaibatulAslamiyah (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH DI KELAS V C SD NEGERI 221 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Skripsi.docx

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match di Kelas VC SD Negeri 221 Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan modelMake A Matchdalam proses pembelajaran IPA dan apakah dengan menggunakan modelMake A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Kegunaan penelitian bagi sekolah adalah merintis pelaksanaan pembelajaran yang benar-benar merujuk padakondisi dan kompetensi sekolah yang bersangkutan dan sebagaibahan masukan dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan dan perbaikandalam model pembelajaran.Sedangkan bagipenulis/guru adalah untuk menambah wawasan sehingga dapat menjadikan penulis/guru lebih professional dalam melaksanakan tugas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus.Subyek Penelitian adalah siswa kelas V C SD Negeri 221 Palembang yang berjumlah 29 orang. Lokasi Penelitianberalamat di Jalan Ki Merogan Kelurahan OganBaru Kecamatan Kertapati Palembang. Instrumen pengumpul data dengan menggunakan tes, observasi da ndokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belaja rsiswa kelas V C SD Negeri 221 Palembang.Siklus I baru menampakkan sedikit hasil belajar dengan persentase ketuntasan belajar 68,96%. Keberhasilan terlihat pada siklus II karena telah melebihi target 85% yaitu dengan persentase ketuntasan belajar 93,10%. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan modelMake A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V C SD Negeri 221 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:22
Last Modified: 28 Sep 2021 03:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13606

Actions (login required)

View Item View Item