PENERAPAN PENDEKATAN BELAJAR RESOURCE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH SABILUL HUDA MUARA ENIM

NOPRIYANSYAH, SUDIYUN (2019) PENERAPAN PENDEKATAN BELAJAR RESOURCE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH SABILUL HUDA MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SUDIYUN NOPRIYANSYAH (13210265).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena siswa yang masih kurang aktif dan kreatif dalam pembelajaran dan pemanfaatan berbagai sumber belajar sehingga kemampuan dalam pengetahuan dan pemahaman masih kurang berkembang. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa masih kurang maksimal. Pendekatan pembelajaran Resource Based Learning adalah pembelajaran dimana siswa dituntut untuk aktif dalam mencari berbagai macam sumber belajar. Pada pembelajaran ini, ditegaskan bahwa sumber belajar siswa tidak hanya pada satu sumber tetapi terdapat berbagai macam sumber belajar yang dapat mendukung proses belajar mengajar. Melalui pendekatan pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kreativitas belajar siswa kelas XI yang tidak diterapkan pendekatan pembelajaran Resource Based Learning di Madrasah Aliyah Sabilul Huda? (2) Bagaimana kreativitas belajar siswa kelas XI yang diterapkannya pendekatan pembelajaran Resource Based Learning di Madrasah Aliyah Sabilul Huda? (3) Apakah penerapan pendekatan pembelajaran Resource Based Learning di kelas XI Madrasah Aliyah Sabilul Huda bisa meningkatkan kreativitas belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana kreativitas belajar siswa kelas XI yang tidak diterapkan pendekatan pembelajaran Resource Based Learning di Madrasah Aliyah Sabilul Huda. (2) Untuk mengetahui tingkat kreativitas belajara siswa kelas XI yang diterapkannya pendekatan pembelajaran Resource Based Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Sabilul Huda Muara Enim. (3) Untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan pembelajaran Resource Based Learning bisa meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas XI Madrasah Aliyah Sabilul Huda pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Pola penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain eksperimen sejati (True Experimental Design) tipe Posttest-Only Control Desiqn. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran Resource Based Learning (x). Sedangkan variabel terikatnya adalah kreativitas belajar siswa (y). Dalam Penelitian ini digunakan metode angket, dan metode dokumentasi. Untuk analisis data peneliti menggunakan uji t-test, Setelah data dianalisis, akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Resource Based Learning bisa meningkatkan kreativitas belajar siswa di Madrasah Aliyah Sabilul Huda Muara Enim hitung t = 1,827 > tabel t = 1,679 (5%) .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:22
Last Modified: 28 Sep 2021 03:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13610

Actions (login required)

View Item View Item