UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPRAKTEKAN SHOLAT FARDHU MELALUI STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) DI KELAS III SD NEGERI 3 TELUK KIJING KECAMATAN LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN

MUALIFAH, MUALIFAH (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPRAKTEKAN SHOLAT FARDHU MELALUI STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) DI KELAS III SD NEGERI 3 TELUK KIJING KECAMATAN LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I mualifah.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II mualifah.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV mualifah.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V mualifah.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan : bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran PAI materi tentang sholat fardhu pada siswa kelas III SD Negeri 3 Teluk Kijing Kab. Musi Banyuasin dengan menerapkan strategi practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) dan apakah penerapan strategi practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran PAI materi tentang sholat fardhu pada siswa kelas III SD Negeri 3 Teluk Kijing Kab. Musi Banyuasin? Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Teluk Kijing, yang berjumlah 25 orang siswa, dengan pertimbangan kelas III adalah kelas yang penulis hadapi dan masalah yang ditemui adalah dikelas yang penulis hadapi itu sendiri, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes formatif. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus di lakukan melalu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa strategi Practice Reherseal Pears dapat meningkatkan hasil belajar materi sholat fardhu. Karena hasil belajar yang diperoleh sebelum dan sesudah diterapkanya Strategi Practice Reherseal Pears terjadi peningkatan yang siginifikan . Hal ini dapat di lihat dari : Hasil belajar siswa materi sholat pada siswa kelas III SD Negeri 3 Teluk Kijing sebelum menerapkan strategi practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) yaitu dilihat dari nilai rata-rata dimana kondisi awal sebelum perbaikan nilai rata-rata siswa 53.2 sedangkan ketuntasan belajar siswa berdasarkan KKM (70) yaitu pada pra-siklus terdapat 3 anak yang tuntasHasil belajar siswa materi sholat pada siswa kelas III SD Negeri 3 Teluk Kijing sesudah diterapkan strategi practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) yiatu peningkatan dilihat dari nilai rata-rata dimana hasil perbaikan siklus I menjadi 68 dan pada siklus II menjadi 80.8. Jadi berdasarkan data tersebut maka dapat di katakan bahwa target tuntas belajar anak sudah mencapai nilai maksimal. karena keterbatasan waktu dalam penelitian, maka di tetapkan siklus II merupakan siklus terahir kemudian peningkatan ketuntasan belajar siswa dari pra siklus hingga siklus 2 sebagai siklus terahir dalam tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan yaitu pada siklus 1 naik lagi menjadi 14 anak yang tuntas kemudian pada siklus ke 2 anak yang tuntas sudah mencapai 25 anak atau 100% tuntas

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:22
Last Modified: 28 Sep 2021 04:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13630

Actions (login required)

View Item View Item