Pendekatan Individual Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam terhadap Anak yang Bermasalah di SDN 15 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir

ARUM SASI, DIAH TIRTA (2013) Pendekatan Individual Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam terhadap Anak yang Bermasalah di SDN 15 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
TIRTA I.docx

Download (92kB)
[img] Text
TIRTA II.docx

Download (67kB)
[img] Text
TIRTA III.docx

Download (37kB)
[img] Text
TIRTA IV.docx

Download (32kB)
[img] Text
TIRTA V.docx

Download (20kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pendekatan Individual Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di SDN 15 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir”. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu Tindakan-tindakan, langkah-langkah serta hambatan-hambatan yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam melalui pendekatan individual di SDN 15 Indralaya Utara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif merupakan data yang bersifat uraian atau penjelasan untuk mengetahui pelaksanaan Pendekatan Individual guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam. Data yang dijadikan adalah data sumber primer dan data sumber skunder. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah. Pertama, Manfaat yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam melalui pendekatan individual yaitu: mengarahkan perhatian siswa terhadap hasil belajar perorangan, memusatkan pengajaran terhadap mata ajaran dan pertumbuhan yang bersifat mendidik, memberi peluang siswa untuk maju secara optimal dan mengembankan kemampuan yang dimilikinya. Kedua, Langkah yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam melalui pendekatan individual yaitu: mendengarkan secara simpati dan menanggapi secara positif pikiran anak didik dan membuat hubungan saling percaya, menangani anak didik dengan memberi rasa aman, serta dapat membantu anak didik tanpa harus mendominasi atau mengambil alih tugas. Semuanya telah terlaksana dengan cukup baik, dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Walau pada kenyataannya guru khususnya guru pendidikan agama Islam masih mengalami banyak hambatan-hambatan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam melalui pendekatan individual itu sendiri. Adapun hambatan yang dihadapi antara lain: Proses pembelajaran relatif memakan banyak waktu sesuai dengan jumlah bahan yang dihadapi dan jumlah peserta didik. Dalam melakukan pendekatan individual guru tentunya harus membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi anak didiknya. Sehingga guru dapat memecahkan permasalahan yang sulit untuk dimengerti anak didiknya tersebut, motifasis siswa mungkin sulit dipertahankan karena perbedaan-perbedaan individual yang dimiliki oleh peserta didik sehingga dapat membuat beberapa siswa rendah diri atau minder dalam pembelajaran. dengan berbagai perbedaan dari setiap individu tersebut akan menyulitkan guru untuk dapat memahami dari setiap anak didiknya, adanya penggunaan pasangan guru dan siswa dalam manajemen kelas reguler secara perorangan, sehingga terjadi kemungkinan sebagian peserta didik tidak dapat dikelola dengan baik, guru-guru yang sudah terbiasa dengan cara-cara lama akan mengalami hambatan untuk menyelenggarakan pendekatan ini karena menuntut kesabaran dan penguasaan materi secara lebih luas dan menyeluruh, guru yang sulit untuk memahami maksud dan tujuan dari setiap individu akan mengalami hambatan yang cukup rumit.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:22
Last Modified: 28 Sep 2021 04:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13636

Actions (login required)

View Item View Item