PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI BADAN PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA SELATAN

LISNAINI, LISNAINI (2017) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI BADAN PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Other (PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI BADAN PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA SELATAN)
Skripsi Lisnaini (12290033).PDF

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi Sebagai Sumber Belajar di BadanPerpustakaan Provinsi Sumatera Selatan”. Latar belakang peneliti mengangkat judul ini yaitu bahwa kurangnya pengunjung yang memanfaatkan perpustakaan berbasis teknologi informasi/digital sebagai sumber belajar. Adapun rumusan masalah bagaimana pemanfaatan perpustakaan berbasis teknologi informasi sebagai sumber belajar di Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan perpustakaan berbasis teknologi informasi di Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pemanfaatan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi Sebagai Sumber Belajar Di Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan perpustakaan berbasis teknologi informasi sebagai sumber belajar di Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sukunder. Guna mempermudah data dalam penelitian ini maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sehingga hasil penelitian dapat diketahui dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan berbasis teknologi informasi sebagai sumber belajar di Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan dikategorikan sudah terlaksana cukup baik, terlihat dari adanya prosedur�prosuder yang dilaksanakan seperti, pengunjung untuk membaca dan meminjam buku, memanfaatkan wifi gratis sebagai sumber belajar, serta memanfaatkan computer sebagai bahan untuk mencari referensi sebagai bahan menyelesaikan tugas. di Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan. Sedangkan faktor pendukung pemanfaatan perpustakaan berbasis teknologi informasi sebagai sumber belajar adanya sarana prasarana seperti, gedung, ruang baca, ruang multimedia, ruang akses internet, ruang koleksi deposit, ruang diklat, ruang diskusi, Ac. jaringan telkomsel, dan pelayanan pustakawan. Dan faktor penghambat pemanfaatan perpustakaan berbasis teknologi informasi sebagai sumber belajar yaitu keterbatasan komputer karena ramainya pengunjung yang mendatangi perpustakaan dari waktu ke waktu dan koleksi bahan pustaka masih banyak yang belum tersedia, sehingga menjadi salah satu faktor kekurangan atau penghambat perpustakaan, walaupun sarana prasarana yang lain sudah memadai, tapi faktor ini belum bisa terpenuhi, padahal sudah banyak sumbangan atau pembelian bahan pustaka, karena perkembangan dari zaman ke zaman, begitu pula dengan bahan pustaka yang sering berubah-ubah yang sulit di cari oleh pengunjung

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:22
Last Modified: 28 Sep 2021 04:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13648

Actions (login required)

View Item View Item