PERAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP YWKA PALEMBANG

UTAMI, TRI (2014) PERAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP YWKA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
SKRIPSI TRI UTAMI.docx

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang membahas tentang peran lingkungan keluarga pada mata pelajaran PAI. Adapun kajian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran lingkungan keluarga pada mata pelajaran PAI, bagaimana prestasi belajar pada mata pelajaran PAI, dan apakah ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI di SMP YWKA Palembang. Populasi pada penelitian ini sebanyak 183 siswa dan sampel 45 orang siswa. Sumber data yaitu : sumber data primer berupa data pokok tentang lingkungan keluarga dan sumber data sekunder tentang keadaan sekolah, jumlah siswa dan nilai raport siswa di samping melihat fenomena yang ada. Teknik pengumpulan data yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian menggunakan rumus Korelasi Product Moment, yaitu dengan cara memperhitungkan standar deviasi dari variabel-variabel yang dikorelasikan, terhadap mean-nya dan memperhitungkan selisih dari masing-masing skor aslinya. Maka akan diperoleh angka indeks Korelasi Product Moment “rxy”. Adapun hasil penelitian sebagai berikut : Pertama, peran lingkungan keluarga siswa kelas VIII SMP YWKA Palembang dikategorikan sedang, karena pada penelitian ini 75% atau 34 orang siswa memiliki nilai sedang, 9% atau 4 orang siswa memiliki nilai tinggi dan 16% atau 7 orang siswa memiliki nilai rendah. Kedua, prestasi belajar siswa kelas VIII SMP YWKA Palembang juga terbilang sedang, karena pada penelitian ini 73% atau 33 orang siswa memiliki nilai sedang, 16% atau 7 orang siswa memiliki nilai tinggi dan 11% atau 5 orang siswa memiliki nilai rendah. Hal ini juga terlihat dari nilai raport siswa kelas VIII SMP YWKA Palembang. Namun, hal diatas tentu saja tidak terlepas dari usaha pihak sekolah terutama guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa SMP YWKA Palembang. Dari hasil perhitungan product moment (rxy) dihasilkan 0,486 yang jauh lebih besar dari rtabel, baik pada taraf 5% maupun 1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (Ho) yang berbunyi “Tidak ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa SMP YWKA Palembang” ditolak sedangkan (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa SMP YWKA Palembang” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:23
Last Modified: 28 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13662

Actions (login required)

View Item View Item