PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI TK/TPA NURUL HIJRAH UNIT-295 KELURAHAN PAHLAWAN PALEMBANG

NURJANAH, SITI (2014) PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI TK/TPA NURUL HIJRAH UNIT-295 KELURAHAN PAHLAWAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI SITI NURJANAH (09210125).docx

Download (267kB)

Abstract

Permasalahan dalam peneleitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran dan al- Qur’an yang di lakukan guru TK/TPA Nurul Hijrah, bagaimana hasil belajarnya, dan adakah pengaruh antara proses pembelajaran al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa di TK/TPA Nurul Hijrah Kelurahan Pahlawan Palembang. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari proses pembejaran yang dilakukan oleh guru TK/TPANurul Hijrah Unit-295 Kelurahan Pahlawan Palembang. Untuk mengetahui hasil belajar di TK/TPA Nurul Hijrah Palembang dan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara proses pembelajaran al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa TK/TPA Nurul Hijrah Palembang. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa TK/TPA Nurul Hijrah seluruh anggota populasi dijadikan obyek penelitian karena jumlahnya dibawah standar. Dengan demikian yang menjadi obyek penelitian ini adalah berjumlah 46 orang responden. Jenis penelitiannya adalah jenis penelitian deskriptif, pendetana penetiannya adalah pendekatan kuantitatif . Jenis data dalam penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif, sumber data menggunakan sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari lokasi penelitian dan sumber data sekunder yaitu data pelengkap sebagai pendukung dalam penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Selanjutnya analisi data dikumpulkan, direkapitulasi, kemudian dianalisis dengan statistik, yaitu, mean, standar deviasi, TSR dan product moment. Setelah dilakukan penganalisisan data angket maka dapat diketahui bahwa hasil penelitian tentang proses pembelajaran al-Qur’an menggunakan rumus TSR tergolong rendah yaitu 29 (63,04% ) , sedangkan hasil belajar siswa TK/TPA Nurul Hijrah Unit-296 Kelurahan Pahlawan Palembang dikategorikan sedang yaitu 25 (54,35% ). Dan terdapat pengaruh fositif antara proses pembelajaran al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa TK/TPA Nurul Hijrah Kelurahan Pahlawan Palembang. Hal ini dilihat dari nilai rxy yangbesarnya 0,664 tersebut lebih besar dari harga r tabel baik pada taraf signifikasi 5 % (0,288 ) maupun 1% (0,372 ) oleh karena itu taraf signifikan 5% (0,288) < 0,619 > (0,372) pada taraf signifikan 1%. Jadi berdasarakan analisa ini dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara antara proses pembelajaran al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa TK/TPA Nurul Hijrah Unit-295 Kelurahan Pahlawan Palembang , dengan itu dinyatakan Ha di terima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:24
Last Modified: 28 Sep 2021 04:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13679

Actions (login required)

View Item View Item