PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN KELAS IX DI MTs ‘AISYIYAH PALEMBANG

CARDILLA, JUNI (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN KELAS IX DI MTs ‘AISYIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
2. BAB I.docx

Download (68kB)
[img] Text
3. BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
4. BAB III.docx

Download (49kB)
[img] Text
5. Bab IV.docx

Download (50kB)
[img] Text
6. BAB V.docx

Download (25kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Baca Tulis al-Qur’an Kelas IX di MTs ‘Aisyiyah Palembang. Model pembelajaran think talk write adalah rancangan yang dilakukan oleh guru untuk melakukan proses pembelajaran melalui berpikir, berbicara/berdiskusi, dan menulis di kelas sebagai acuan untuk mencapai tujuan yaitu hasil belajar siswa.     Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana hasil belajar siswa kelas IX sebelum diterapkan model pembelajaran think talk write pada mata pelajaran Baca Tulis al-Qur’an di MTs ‘Aisyiyah Palembang. Bagaimana hasil belajar siswa kelas IX sesudah diterapkan model pembelajaran think talk write pada mata pelajaran Baca Tulis al-Qur’an di MTs ‘Aisyiyah Palembang. Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran think talk write terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Baca Tulis al-Qur’an di MTs ‘Aisyiyah Palembang.     Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Di dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa di MTs ‘Aisyiyah Palembang yang berjumlah 247 orang siswa. Adapun yang menjadi sampel adalah kelas IX A yang berjumlah 25 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah pre-test post-test one group design. Jenis data yang digunakan yaitu jenis data kuantitatif yang menggunakan angka-angka. Teknik analisa data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan tes “t” atau uji “t” untuk dua sampel kecil yang satu sama lain saling berhubungan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes dan dokumentasi.     Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran think talk write secara meyakinkan dapat dikatakan telah menunjukkan efektifitasnya yang nyata. Dalam arti kata dapat diandalkan sebagai cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Baca Tulis al-Qur’an menjadi lebih baik. Hal ini terbukti setelah dilakukan analisis statistik menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran think talk write di kelas IX MTs ‘Aisyiyah Palembang. Untuk menguji signifikansi hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran think talk write digunakan rumus uji ”t” dan diperoleh thitung sebesar 7,56. Perhitungan ttabel dengan membandingkan thitung baik pada taraf signifikan 5% atau pada taraf signifikan 1% adalah: 2,06< 7,56 > 2,80.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:34
Last Modified: 28 Sep 2021 04:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13688

Actions (login required)

View Item View Item