UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN KEBIASAAN BERIBADAH SHALAT FARDHU BAGI ANAK PENYANDANG TUNADAKSA DI SDLB D YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT PALEMBANG

SYAFEI, IMAM (2014) UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN KEBIASAAN BERIBADAH SHALAT FARDHU BAGI ANAK PENYANDANG TUNADAKSA DI SDLB D YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penanaman kebiasaan beribadah shalat fardhu sangat penting diberikan pada anak usia dini, terutama dalam menghadapi era globlalisasi yang berdampak pada pergaulan bebas para remaja, pengkonsumsian ganja dan narkotika, free sex dan sebagainya. Hal ini bila tidak diperhatikan dengan serius akan merugikan tunas genersi muslim masa depan. Penanaman tersebut penting untuk semua anak muslim baik anak berkebutuhan umum maupun berkebutuhan khusus (ABK) khususnya anak penyandang tunadaksa agar nantinya anak dapat terbiasa dengan sendirinya melaksanakan ibadah shalat fardhu. Dalam penanaman tersebut anak penyandang tunadaksa memerlukan pandampingan yang disertai ketelatenan secara khusus. Sebab kondisi anak tunadaksa berbeda dengan anak normal yang mampu secara cepat menangkap dan memahami pelajaran yang diajarkan oleh guru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana upaya guru PAI dalam menanamkan kebiasaan shalat fardhu bagi anak penyandang tunadaksa di SDLB D YPAC Palembang, apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam menanamkan kebiasaan beribadah shalat fardhu bagi anak penyandang tunadaksa di SDLB D YPAC Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya guru PAI dalam menanamkan kebiasaan beribadah shalat fardhu anak penyandang tunadaksa di sekolah dasar luar biasa D Yayasan Pembinaan Anak Cacat Palembang, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi guru dalam menanamkan kebiasaan shalat fardhu bagi anak penyandang tunadaksa di sekolah dasar luar biasa D Yayasan Pembinaan Anak Cacat Palembang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah upaya guru PAI dalam menanamkan kebiasaan beribadah shalat fardhu bagi anak penyandang tunadaksa di sekolah dasar luar biasa D Yayasan Pembinaan Anak Cacat Palembang, melalui memberikan pengenalan dan pemahaman tentang shalat, memberikan contoh gerakan shalat, mengajak anak untuk shalat berjamaah sepulang sekolah, memberi pujian dan motivasi, mengingatkan siswa untuk melaksanakan shalat fardhu, melakukan kerja sama dengan orang tua, menegur siswa bagi yang bermain-main ketika shalat . Faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menanamkan kebiasaan beribadah shalat fardhu bagi anak penyandang tunadaksa bagi anak penyandang tunadaksa di sekolah dasar luar biasa D Yayasan Pembinaan Anak Cacat Palembang karena adanya dua faktor, yakni penghambat (kondisis fisik anak, mood anak kurang, perilaku aneh muncul tiba-tiba, sehingga proses pembelajaran penanaman kebiasaan shalat fardhu kurang optimal), pendukung (suport dari orang tua dan guru, sarana dan prasaran yang memadai).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:35
Last Modified: 28 Sep 2021 04:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13691

Actions (login required)

View Item View Item