KERAGAMAN JENIS KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA) DI AREAL DESA SUNGAI BUNGIN KECAMATAN PANGKALAN LAMPAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X SMA/MA

NOPIYANI, KRISNA (2014) KERAGAMAN JENIS KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA) DI AREAL DESA SUNGAI BUNGIN KECAMATAN PANGKALAN LAMPAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengenai keragaman jenis kupu-kupu (Lepidoptera) yang dilaksanakan di Areal Desa Sungai Bungin Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir dari tanggal 01 Januari-12 Januari 2014. Penelitian ini menggunakan metode survei dan koleksi. Areal Desa Sungai Bungin tersebut terdiri dari tiga habitat yaitu hutan campuran, kebun karet, dan pinggiran sungai semedang. Pada masing-masing habitat dibuat empat dan tiga transek garis (Line transect), pengamatan dilakukan untuk mengetahui Keragaman (H), Kelimpahan Relatif (KR%), Frekuensi Relatif (FR%), Indeks Dominan (DR%), Indeks Kemerataan (E), dan Indeks Kesamaan (IS) jenis kupukupu yang di temukan di Areal Desa Sungai Bungin. Jumlah individu yang didapat 52 individu yang terdiri dari 4 famili, 17 Genus, dan 23 Spesies. Pada penelitian ini Nymphalidae merupakan famili yang paling banyak ditemukan, dan memyebar secara merata (E). Jumlah spesies yang paling tinggi ditemukan pada habitat hutan campuran 21 spesies, spesies yang mendominasi tertinggi Phaedyma columella Cramer yaitu 2,5% dan spesies yang paling melimpah 43,1%, Keragaman (H) 0,82, dan kerapatan 9,9 (ha). Kesamaan (IS) jenis kupukupu tertinggi di hutan campuran 0,87, sedangkan kesamaan terendah di kebun karet 0,37. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa adanya hubungan Keragaman (H) berkolerasi positif pada kondisi lingkungan yang stabil.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
?? SF ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:35
Last Modified: 28 Sep 2021 04:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13701

Actions (login required)

View Item View Item