HIDAYANTI, DESI SRI (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
13. Skripsi BAB I-V.docx Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Persatuan Tarbiyah Islamiah Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kulitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian true experimental design (eksperimen yang betul-betul) dengan kategori posttest-only control design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VIII di SMP PTI Palembang yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 103 siswa. Dari ketiga kelas populasi diambil 2 kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII.3 dengan jumlah siswa sebanayak 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yaitu tes dan wawancara dengan teknik analisis data tes berupa mencari rerata hasil tes dan persentase pencapaian indikator kemampuan berpikir kritis siswa dan teknik analisis data wawancara dengan mendeskripsikan hasil wawancara serta Uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil analisis data tes yang diperoleh yaitu ada perbedaan rata-rata kelas eksperimen 73,08 sedangkan pada kelas kontrol 52,19 dan persentase pencapaian indikator kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen 73,52% dengan kriteria kemampuan berpikir kritis tinggi sedangkan kelas kontrol 51,70% dengan kriteria berpikir kritis sedang. Hal ini berarti ada pengaruh positif yang signifikan mengenai model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis data wawancara mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok mendapat respon yang positif dari guru mata pelajaran dan siswa kelas eksperimen. Adapun pengujian hipotesis dengan Uji-t didapat thitung = 6,632 > ttabel = 1,998 maka Ho ditolak artinya ada pengaruh positif yang signifikan mengenai model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Persatuan Tarbiyah Islamiyah Palembang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 04:36 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 04:36 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13712 |
Actions (login required)
View Item |