UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS VI DI MI. MUNAWARIYAH PALEMBANG

M U K T I L L A H, M U K T I L L A H (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS VI DI MI. MUNAWARIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI DMS 2014.docx

Download (231kB)

Abstract

Berdasarkan evaluasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menunjukkan bahwa masih rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran, kemudian dalam proses pembelajaran IPA yang diterapkan di kelas, siswa cenderung hanya mendengarkan penjelasan dari gurunya yang harus dihafalkan, sehingga siswa menjadi malas dan bosan. Kondisi yang demikian membosankan dalam diri siswa pada akhirnya akan menyebabkan motivasi berprestasi rendah dan mempengaruhi kompetensi belajar. Karena itu penulis mencoba menerapkan model pembelajaran Examples non Examples untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan juga menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah yang ingin diteliti oleh penulis adalah Apakah model pembelajaran Examples non Examples dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI di MI. Munawariyah Palembang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Examples non Examples pada siswa kelas VI di MI.Munawariyah Palembang. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan evaluasi untuk menjadi dasar dalam analisis dalam laporan PTK ini. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: berdasarkan analisa terhadap data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Examples non Examples dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI. C di MI. Munawariyah Palembang, ini dapat dilihat pada ke tiga analisis yang diberikan ada perubahan atau kenaikan yang cukup signifikan dari setiap tindakan, serta meningkatnya hasil ulangan atau tes yang diberikan pada perkembangan setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan data pada BAB IV diketahui bahwa pada siklus I ketuntasan perseorangan mencapai 24 ( 61,5 % ), siklus II meningkat menjadi 32 ( 82 % ), kemudian pada siklus III ketuntasan meningkat menjadi 35 ( 90 % ) yang termasuk dalam kualifikasi tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:36
Last Modified: 28 Sep 2021 04:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13715

Actions (login required)

View Item View Item