MODEL PEMBELAJARAN DEMOKRATIS DALAM PAI

PARADILLAH, PARADILLAH (2013) MODEL PEMBELAJARAN DEMOKRATIS DALAM PAI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (60kB)

Abstract

Pendidikan agama Islam yang berlangsung hingga sekarang, tampaknya masih terjebak dalam pengajaran ranah kognitif-dogmatis yang masih memfokuskan pada isi atau muatan materi yang harus ditransfer kepada peserta didik dengan dalil-dalil dan dogma-dogma yang tidak menyentuh realita kehidupan dan bukan pada proses dan metodologi, padahal dalam pembelajaran ada yang lebih penting dari pada itu. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) dengan menggunakan data kualitatif berupa literature yang relevan yaitu data dan argumen yang disajikan dalam bentuk data verbal bukan dalam bentuk angka atau yang disebut dengan data statistik. Data kulitatif yang digunakan berupa sumber primer yang meliputi buku-buku yang khusus mengkaji tentang model-model pembelajaran demokratis dan sumber skunder yaitu berupa buku-buku pendukung lainya, maupun tulisan yang dimuat dalam jurnal yang dijadikan sebagai penunjang dalam penelitian ini. Setelah data terkumpul peneliti menganalisis data dengan menggunakan analisis content yaitu teknik membuat inverensi dengan mengidentifikasi karakteristik khusus secara objektif dan sistematik. Pendekatan ini menggunakan pendekatan filosofis-naturalistik yaitu pendekatan penelitian yang dalam menjawab persoalan memerlukan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh mengenai objek yang diteliti, guna menghasilkan kesimpulan-kesimpulan penelitian dalam konteks waktu dan situasi yang bersangkutan. Dalam hal ini peneliti berusaha menelaah bagaimana pembelajaran PAI yang demokratis itu. Akhirnya penulis menemukan suatu kesimpulan bahwa model pembelajaran PAI demokratis meliputi beberapa hal yaitu penedekatan, strategi, metode dan teknik, dimana setiap komponen dan proses pelaksanaanya mengandung unsur-unsur pembelajaran yang bernuansa demokrasi. Dengan pendekatan, strategi, metode serta teknik pembelajaran PAI yang demokrasi ini diharapkan akan mamapu menghasilkan out-put pendidikan yang berkualitas baik dari segi intelektual maupun akhlak serta kepribadian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:36
Last Modified: 28 Sep 2021 04:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13725

Actions (login required)

View Item View Item