PENGARUH PEMBERIAN DOSIS TEPUNG CANGKANG TELUR AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) DAN SUMBANGANNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DALAM MATERI FUNGI DI KELAS X SMA/MA

DARYANTI, DARYANTI (2014) PENGARUH PEMBERIAN DOSIS TEPUNG CANGKANG TELUR AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) DAN SUMBANGANNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DALAM MATERI FUNGI DI KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi (DARYANTI).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jamur tiram putih (Plurotus ostreatus) merupakan salah satu jenis jamur konsumsi yang baik untuk kesehatan, dan karena manfaatnya jamur ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Cangkang telur ayam merupakan limbah rumah tangga yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber kalsium dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh jamur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh tepung cangkang telur ayam terhadap pertumbuhan jamur tiram putih dan mengetahui dosis optimum tepung cangkang telur ayam yang paling baik digunakan untuk pertumbuhan jamur tiram putih. Penelitian telah dilaksanakan di Agry Jamur Lestari Palembang: Jl. Tansa Trisna No. 16 Sekojo Ujung Palembang, Indonesia. Di mulai dari 31 Oktober 2013 sampai 31 Januari 2014. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan (P) dan 4 ulangan, dengan pemberian dosis tepung cangkang telur ayam yaitu: P0 (0 gr), P1 (150 gr), P2 (300 gr), P3 (450 gr). Parameter yang diamati dalam penelitian ini meliputi panjang tangkai tubuh buah jamur, diameter tudung tubuh buah jamur, berat basah tubuh buah jamur, dan jumlah tubuh buah jamur. Berdasarkan hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa pemberian dosis tepung cangkang telur ayam berpengaruh sangat nyata terhadap panjang tangkai tubuh buah jamur, diameter tudung tubuh buah jamur, berat basah tubuh buah jamur, dan berpengaruh nyata jumlah tubuh buah jamur. Pada penelitian ini dosis tepung cangkang telur ayam yang paling baik digunakan untuk pertumbuhan jamur tiram putih adalah 450 gr. Kata kunci : Jamur, Tepung cangkang, Dosis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 580 Botani, Ilmu Tumbuhan
500 Sains dan Matematika > 590 Zoologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:39
Last Modified: 28 Sep 2021 04:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13744

Actions (login required)

View Item View Item