PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PARADIGMA PALEMBANG

PARINA, RERI (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PARADIGMA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI RERI PARINA (09222052).docx

Download (5MB)

Abstract

Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks dimana banyak faktor yang ikut mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut diantaranya adalah model pembelajaran. Fenomena yang terjadi di lapangan terutama dalam kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru, aktivitas siswa monoton, siswa banyak menerima penjelasan guru, dan hasil belajar yang diperoleh siswa kurang baik. Penggunaan model yang tepat dan bervariasi akan dapat dijadikan sebagai alat motivasi ekstrinsik dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, salah satunya adalah model pembelajaran Think Pair and Share (TPS). Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh penerapan penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas VIII di MTs Paradigma Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model Think Pair and Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 November – 30 November 2013 bertempat di Madrasah Tsanawiyah Paradigma Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif teknik analisis data menggunakan analisis Uji-t. Hasil nilai Pre-test diperoleh thitung yaitu 1,25 dengan harga ttabel taraf signifikan 1 % adalah 2,65 ternyata thitung< ttabel atau 1,25 < 2,65. Hal ini menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Dan hasil analisis nilai post-test diperoleh harga thitung yaitu 3,50 dengan harga ttabel pada taraf signifikan 1 % dan dk= (30+29)-2 yaitu ttabel= 2, 65. Ternyata thitung> ttabel atau 3,50 > 2,65. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak Ha diterima sehingga hipotesis menyatakan bahwa “ ada pengaruh penggunaan model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas VIII di MTs Paradigma Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:37
Last Modified: 28 Sep 2021 04:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13745

Actions (login required)

View Item View Item